Wasit Liga 1 Prancis Diskors 6 Bulan Karena Tendang Pemain

Tony Chapron

Topbola.net – Sudah semestinya wasit bertindak sportif lantaran ditunjuk untuk bisa memimpin jalannya pertandingan dengan fair play. Namun apa jadinya jika seorang wasit harus berindak kasar kepada seorang pemain dengan menedangnya saat laga berlangsung? tentu ada sanksi yang mesti menjadi ganjaran baginya.

Dikutip dari Goal.com, Wasit Tony Chapron yang menendang bek Nantes dalam laga kontra PSG tengah bulan lalu harus menerima hukuman berat atas segala yang telah ia buat.

Sebagai buntut dari tindakan kontroversialnya kala memimpin laga Ligue 1 Prancis antara tuan rumah Nantes dan Paris Saint-Germain, pertengahan Januari lalu, wasit Tony Chapron harus menerima skorsing enam bulan.

Pada injury time laga di Stade de la Beaujoire yang dimenangi tim tamu 1-0, bek Nantes Diego Carlos secara tidak sengaja menabrak Chapron hingga terjatuh ketika berupaya mengantisipasi sebuah serangan PSG.

Tanpa diduga ofisial berusia 45 tahun itu balas menyandung Carlos lantas menunjukkan kartu kuning kedua kepada pemain Brasil tersebut setelah ia melayangkan protes atas perbuatan sang wasit.

“Pada saat benturan, saya merasakan nyeri yang tajam di area di mana saya belum lama ini mengalami cedera. Reaksi pertama saya sayangnya adalah menjulurkan kaki ke arah si pemain,” kata Chapron dua hari usai pertandingan.

“Gestur buruk ini tidak tepat, jadi saya ingin menyampaikan permintaan maaf kepada Diego Carlos atas tindakan ini.”

“Laporan tambahan telah dikirim ke komite disiplin agar kartu kuning yang diterima pemain Nantes itu ditarik karena, berdasarkan tayangan ulang, gestur [tabrakan] itu menurut saya tampak tidak disengaja. Sekarang saya menyimpan komentar saya untuk otoritas terkait.”

Penjelasan Chapron tidak memadai untuk menghindarkannya dari sanksi berat. Pada Kamis (1/2) komite disiplin LFP memvonisnya dengan suspensi enam bulan, dengan separuh di antaranya ditangguhkan.

“Setelah mendengar pernyataan Tn. Tony Chapron dan membaca laporan resmi, komisi [disiplin] memutuskan untuk memberinya sanksi suspensi enam bulan, tiga bulan di antaranya ditangguhkan,” demikian rilis di laman resmi LFP.

Sumber: Goal


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 16 =