Valencia Beri Barcelona Tiga Kekalahan Beruntun

Topbola.net – Posisi Barcelona dipuncak klasemen kini mendapat ancaman menyusul kekalahan yang kembali diterima Lionel Messi Cs pada laga lanjutan La Liga Spanyol pekan ke-33 kontra Valencia. Pada laga tersebut El Blaugrana menerima pil pahit dengan skor tipis 1-2.

Kegagalan Barcelona di Liga Champions membuat mereka mencoba move on diajang La Liga. Bermain dengan langsung menekan sejak menit awal melalui Trio MSN yang turun sejak awal langsung menebar ancaman di sepuluh menit pertama.

Bukannya peluang menciptakan gol, Barca malah harus kebobolan di menit 26. Serangan balik cepat Valencia membuat pemain Barca panik. Ivan Rakitic salah mengantisipasi umpan Guilherme Siqueira yang malah masuk ke gawang sendiri. Skor berubah jadi 1-0.

Barca seolah sial di babak pertama setelah banyaknya peluang gagal dimaksimalkan barisan depan. Jelang turun minum, Valencia kembali membuat kejutan dengan gol kedua yang berhasil dicetak Santiago Mina.

Mendapat sodoran Dani Parejo, Mina tak kesulitan menaklukkan Claudio Bravo dan membawa Valencia unggul 2-0. Gol tersebut membuat Mina jadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak gol ke gawang Barca di laga home dan away.

Memasuki babak kedua, Barca yang tertinggal mau tak mau mengerahkan semua pemain untuk menyerang. Bek Gerard Pique maju dan meninggalkan Javier Mascherano seorang di lini belakang.

Hasilnya tak sia-sia, Lionel Messi mencetak gol di menit ke-63 untuk memperkecil kedudukan. Umpan silang Jordi Alba sukses dikonversi jadi gol dan mengubah skor jadi 1-2. Sekedar info, gol itu jadi yang ke-500 untuk Messi sepanjang kariernya dengan rincian 450 gol di klub dan 50 gol di level timnas.

Valencia merespon gol Messi dengan serangan balik cepat yang berujung tendangan sudut. Sayang bola masih bisa dimentahkan Pique yang membuangnya jauh ke depan.

Memasuki 15 menit jelang waktu normal, laga semakin ketat di mana Barca punya banyak peluang mencetak gol kedua. Rakitic hampir menyamakan kedudukan andai Diego Alves tak melakukan penyelamatan gemilang.

Tangguhnya pertahanan Valencia membuat Barca masih kesulitan mencetak gol penyeimbang. Di menit ke-83, Neymar bisa melepaskan tendangan keras, namun masih ada Shkodran Mustafi yang menghalaunya.

Hingga pertandingan berakhir, skor tidak berubah untuk keunggulan Valencia. Hasil ini membuat Barcelona menelan kekalahan ketiga beruntunnya setelah sebelumnya dibekuk Real Sociedad pada pekan ke-32 dan Atletico Madrid di perempat final Liga Champions.

Gagal mendulang poin juga membuat poinnya di klasemen terkejar Atletico Madrid. Kini Barca dan Atletico sama-sama mengoleksi 76 poin dari 33 laga, namun Messi dkk masih unggul produktivitas gol.

Susunan Pemain
Barcelona: Bravo, Alba, Pique, Mascherano, Roberto, Rakitic, Busquets, Iniesta, Suarez, Messi, Neymar

Valencia: Alves, Mustafi, Barragan, Abdenmour, Siqueira, Parejo, Perez (Cancelo’74), Fuego, Gomes, Mina (Alcacer’60), Rodrigo (Gaya’88) (Soccer Sindo)