Taklukan Persiba, Madura United Kian Mantab Dipuncak Klasemen

Topbola.net Madura United kian mantab berada diposisi puncak klasemen sementara Torabika Soccer Championship usai mengemas kemenangan atas tuan rumah Persiba Balikpapan dengan skor tipis 1-2 pada laga yang digelar di Persiba, Balikpapan, Kamis (13/10/2016) sore tadi.

Kapten Madura United, Fabiano Beltrame menjadi aktor kemenangan tim besutan Gomes Oliviera dengan mampu mencetak gol pembuka dengan memanfaatkan kesempatan yang ada di dalam kotak penalti Persiba.

Memasuki babak kedua tim tamu kian memperbesar kemenangan dengan merubah skor menjadi 2-0. Tim tamu lagi-lagi mampu mencetak gol cepat pada awal babak. Kali ini, gol Madura United dicetak, Erick Weeks Lewis.

Sepakan keras bomber MU tersebut dengan memanfaatkan umpan dari Dane Milovanovic yang mengawali serangan balik mampu dikonversi menjadi gol pada menit ke-49. Skor pun berubah 2-0.

Pasca gol tersebut, dua peluang sekaligus didapatkan Madura United melalui Engelberd Sani dan Elthon Maran, namun tidak berujung gol.

Persiba yang kesulitan mengimbangi permainan Madura United mampu memperkecil skor menjadi 1-2 pada menit ke-78 melalui titik penalti. Penalti diberikan setelah Ahmad Maulana dianggap melanggar bek impor Beruang Madu, Dirkir Kohn Glay.

Tendangan penalti Shohei Matsunaga yang maju sebagai eksekutor, ke pojok kanan gawang berhasil merobek gawang Hery Prasetyo. Skor pun berubah menjadi 1-2 dan bertahan hingga laga berakhir.

Dari segi statistik, duel kedua tim sebenarnya berjalan imbang. Persiba melakukan 10 tembakan dan tiga mengarah ke gawang, sedangkan Madura United melakukan sembilan tembakan dan empat yang mengarah ke gawang.

Persiba juga memiliki akurasi operan yang baik dengan persentase 77 persen, berbanding 72 persen milik Madura United.

Dengan hasil ini, Fabiano dkk. semakin kokoh di puncak klasemen sementara. Kini, Madura United unggul tujuh poin dari Arema Cronus yang menempati peringkat kedua dengan mengoleksi 40 poin.

Susunan Pemain
Persiba Balikpapan (4-4-2): Alfonsius Kelvan; Iqbal Samad, Dirkir Glay, Hermawan, Abdul Rahman; Kurniawan Karman, Abdul Aziz, Bima Sakti, Hanif Sjahbandi; Shohei Matsunaga, Maycon Calijuri

Pelatih: Jaino Matos

Madura United (4-3-3): Hery Prasetyo; Ahmad Maulana, Munhar, Fabiano Beltrame, Rendi Siregar; Asep Berlian, Dane Milovanovic, Slamet Nurcahyo; Erick Weeks, Pablo Rodriguez, Engelberd Sani

Pelatih: Gomes de Olivera