Solskjaer: Tak Seharusnya MU Hanya Kejar Empat Besar

Topbola.net – Belum membaiknya kondisi Manchester United semenjak ditinggalkan oleh Sir Alex Ferguson mendapat sorotan dari mantan penggawanya, Ole Gunnar Solskjaer. Ia menilai sebuah target untuk bisa finish di empat besar seharunya tak laak bagi tim sebesar MU.

Setan Merah kini memang mengalami kemerosotan. Jika di 8 musim terakhir bersama Sir Alex mereka selalu bersaing untuk gelar juara –memenangi 5 di antaranya–, maka di dua musim setelahnya MU gagal menjaga tradisi itu.

Di musim 2013/2014 mereka cuma finis di posisi tujuh klasemen Premier League. Sementara musim lalu, bersama Louis van Gaal mereka finis di urutan empat.

Musim ini mereka kembali gagal bersaing di puncak klasemen. Sejauh ini ‘Setan Merah’ sekadar mampu bertarung untuk empat besar demi tiket Liga Champions.

Dari 26 pekan, mereka kini ada di posisi lima dengan nilai 41. Sementara Wayne Rooney dan kawan-kawan tertinggal enam poin dari rival sekota, Manchester City di tangga keempat yang jadi batas zona Liga Champions.

Hasil-hasil ini disebut Solskjaer sudah keluar dari kebiasaan yang dulu dibangun Sir Alex. Lebih dari itu, dia merasa MU turun level dengan kini sekadar mengincar posisi empat. Juga ada kekhawatiran besar di musim-musim ke depannya, apalagi dengan City merekrut Pep Guardiola mulai musim depan.

“Saya sangat kecewa dengan kualitas selama beberapa tahun terakhir. Kami sudah tahu setelah era Ferguson itu akan sulit, tapi kami tidak berhasil menjaga antusiasme dan sepak bola menghibur serta menyerang,” kata Solskkjaer kepada Fotbollskanalen.

“Berat untuk melihat Manchester City berhasil mendapatkan Pep Guardiola dan mendatangkan bintang-bintang terbesar di Eropa. Saya adalah penggemar besar Guardiola dan filosofinya, juga semua timnya.”

“United harus bekerja keras bersama-sama. Mereka menuju masa-masa yang sangat sulit. Kami dulu terbiasa menang. Kami terbiasa finis di posisi pertama. Kami dulu menghibuar para penggemar.”

“Dulu kalau kami finis kedua, itu adalah musim yang mengecewakan. Sekarang pembicaraannya adalah soal finis keempat, itu tidak pantas untuk klub seperti Manchester United,” tandasnya (Soccerway)