Soal Penalti Unik Messi, Apa Itu Sah?

Topbola.net – Sebuah eksekusi penalti cukup unik dilakukan mega bintang Barcelona, Lionel Messi pada laga kontra Celta Vigo tepat saat laga memasuki menit ke-59. Dalam aksinya Messi tak langsung menendang bola ke arah gawang melainkan mengopernya kepada rekannya yang kebetulan disitu ada Luis Suarez yang langsung menghujam bola masuk ke gawang.

Apakah penalti itu sah?

Seperti dikutip dari Viva.co.id, eksekusi unik itu sah menurut Law of the Game dan masuk Hukum ke-14 dari buku peraturan tersebut.

Aksi tersebut populer dengan istilah ‘Tap Penalty’. Sang pengambil tendangan bukannya menendang bola, tapi hanya menyentuh bola, dan rekannya harus berada di luar kotak penalti sebelum maju untuk menendang. Baru ‘Tap Penalty’ tersebut dianggap sah.

Pertama kali, ‘Tap Penalty’ muncul di kualifikasi Piala Dunia antara Belgia melawan Islandia pada 5 Juni 1957 saat Rik Coppens sodorkan bola pada Andre Piters.

Setelah itu, giliran Johan Cruyff yang mempopulerkan pada 1982 saat sodorannya berhasil diselesaikan Jesper Olsen dalam kemenangan 5-0 Ajax Amsterdam atas Helmond.

Tapi, tak selalu ‘Tap Penalty’ berbuah manis. Thierry Henry dan Robert Pires sempat melakukan hal serupa saat Arsenal melawan Manchester City pada 2005, bukannya gol malah berbuah malu.

Pires saat itu akan mengambil penalti, tapi sodorannya pada Henry tidak sempurna. Pires tak boleh menendang lagi karena sudah menyentuh bola, bek ManCity, Sylvain Distin, akhirnya berhasil menyapu bola sebelum Henry datang. (Viva)