PSSI Istirahatkan 18 Wasit Liga 1 dan 2

Topbola.net – Langkah PSSI untuk memajukan kompetisi tanah air terus berlanjut. Baru ini sebuah keseriusan ditunjukan oleh badan tertinggi sepakbola Indonesia itu dengan mengevaluasi kinerja wasit yang memimpin laga di Liga 1 dan 2.

Total ada 8 wasit tengah, dan 10 hakim garis yang harus bersedia diistirahatkan oleh PSSI lantaran adanya keputusan kontroversi dari wasit bersangkitan dalam memimpin pertandingan.

Dikutip dari jawapost.com, keputusan ini sendiri diambil setelah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengadakan pertemuan untuk mengevaluasi pelaksanaan liga di Kantor PSSI, Jakarta, Senin (15/5). Mereka diberhentikan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Hal itu dijabarkan oleh Waketum PSSI, Joko Driyono. Menurutnya, wasit-wasit itu, disanksi karena salah dalam pengambilan keputusan.

“Mereka diberhentikan sementara sejak keputusan dibuat sampai batas waktu yang nantinya ditentukan oleh Komite Wasit. Sanksi tersebut berdasarkan kinerja yang dipantau di lapangan. Tujuannya adalah PSSI ingin melindungi integritas kompetisi dan integritas wasit,” kata Joko dalam laman resmi PSSI.

Selain itu, pria yang karib disapa Jokdri tersebut tengah melakukan pengamatan soal pengaduan dari klub. Tak menutup kemungkinan akan ada wasit lain yang dihukum lagi.

“Sampai hari ini, PSSI sudah menerima 17 protes mengenai wasit dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2. Terkait pengganti perangkat pertandingan yang diberhentikan sementara, PSSI akan menugaskan wasit dan asisten wasit yang sudah lulus penyegaran liga. Dan jumlah wasit dan asisten wasit masih cukup untuk menjalankan pertandingan,” tandasnya.