Profil dan Sejarah Klub Udinese

Profil Udinese

https://i0.wp.com/3.bp.blogspot.com/-LfXbzojLLJA/VWbWB4fAeAI/AAAAAAAAJ7c/_wyjll0prsU/s1600/Udinese_calcio.png?resize=201%2C201Nama lengkap    : Udinese Calcio SpA

Julukan               : Bianconeri (“putih-hitam”), Zebrette (“zebra kecil”)

Didirikan             : 1896

Stadion               : Stadion Friuli, Udinese, Italia
(Kapasitas: 30,642)

Udinese Calcio merupakan tim sepak bola yang berasal dari Udine, kota kecil dekat Venezia. Belum pernah menjuarai kejuaraan apapun. Prestasi tertinggi adalah runner-up kejuaraan Piala Italia sekitar 100 tahun lalu.

Pada musim 2005-06, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Udinese mengikuti kejuaraan antar klub Eropa yang paling bergengsi, Liga Champions.

Pada babak kualifikasi, Udinese menyingkirkan tim Portugal, Sporting Lisbon, Pada babak final, Udinese dua kali mengalahkan juara Yunani, Panathinaikos, namun gagal melaju ke babak selanjutnya karena pada pertandingan grup terakhir gagal menahan imbang juara Spanyol, Barcelona.

Mantan penyerang Udinese, Vincenzo Iaquinta, merupakan salah satu anggota skuat tim nasional Italia pada Piala Dunia 2006.

Pada awal musim 2007/2008, tim ini banyak ditinggalkan para pemain pilarnya, seperti Morgan De Sanctis, Vincenzo Iaquinta, Sulley Ali Muntari, dan Cesare Natali.

Sejarah

Klub ini didirikan pada 1896 sebagai bagian dari Società Udinese di Ginnastica e Scherma. Pada musim pertamanya, Udinese memenangkan turnamen regional yang diselenggarakan oleh Federasi Senam Nasional Italia (FGNI).

Turnamen ini bisa dianggap sebagai kejuaraan sepak bola nasional Italia yang pertama.