Profil dan Sejarah Klub Sampdoria

Profil Sampdoria

https://i0.wp.com/1.bp.blogspot.com/-nomyWOS0fcA/VWbXo-HN7yI/AAAAAAAAJ8A/vbfNgH6rCFU/s1600/Sampdoria.png?resize=259%2C259Nama lengkap    : Unione Calcio Sampdoria SpA

Julukan               : Blucerchiati, Doria, Samp

Didirikan             : 1 Agustus 1946

Stadion               : Luigi Ferraris, Genoa, Italia
(Kapasitas: 36.536)

Sampdoria merupakan klub sepakbola yang bermarkas di Genoa, Italia. Berdiri dari hasil merger dua klub, Sampierdarenese dan Andrea Doria, klub yang berdiri sejak 1890-an, pada 1 Agustus 1946.

Jejak-jejak sejarah dua klub terdahulu Sampdoria itu masih terlihat jelas sampai saat ini, yaitu dari warna kostum mereka, yaitu warna biru yang mewakili Andrea Doria, sementara putih, merah dan hitam menjadi wakil dari Sampierdarenese.

Klub ini baru menuai masa jayanya di pertengahan 80-an. Tropi demi tropi terus diraih hingga puncaknya memenangi scudetto di musim 1990/91. Sampdoria juga sempat menjadi finalis Piala Champions sebelum ditaklukkan Barcelona di Wembley musim 1991/92.

Bak bola yang dilempar ke atas, Sampdoria kemudian paceklik prestasi di musim berikutnya dan akhirnya terdegradasi sebelum akhirnya kembali ke Serie A di musim 2002/03. Sedikit demi sedikit, Il Samp kembali menunjukkan performa gemilang, pada musim 2008/09 mereka berhasil menempati peringkat enam dan berhak masuk ke Piala UEFA. Satu tahun berikutnya, mereka bahkan lolos ke zona play-off Liga Champions.

Namun, musim 2010/11 menjadi malapetaka bagi Sampdoria, menyusul hengkangnya direktur olahraga Beppe Marotta dan pelatih Luigi Del Neri ke Juventus. Prestasi Il Samp langsung merosot drastis hingga akhirnya terdegradasi.

Sampdoria hanya butuh waktu satu tahun berada di Serie B, meskipun hanya menempati peringkat enam di klasemen akhir. Sampdoria berhak meraih tiket promosi setelah menaklukkan Sassuolo dan Varese dalam babak play-off.