Profil dan Sejarah Klub Newcastle United

Profil Newcastle United

Nama lengkap     Newcastle United Football Club
Julukan     The Magpies, The Toon
Didirikan     9 Desember
Stadion     St James’ Park, Newcastle upon Tyne
Pemilik     Mike Ashley
Direktur     Lee Charnley
Manajer     Steve McClaren
Liga             Inggris Premier League

 

Sejarah

https://i1.wp.com/4.bp.blogspot.com/-yksDw0sCuGw/VWbaiK6wuMI/AAAAAAAAJ84/sQcujJtW_eI/s1600/Newcastle_United.png?resize=257%2C257Sejarah Newcastle United dimulai dengan perseturuan antara dua klub yaitu Newcastle East End dan Newcastle West End.

Perseturuan ini diakhiri pada tahun 1892 ketika Newcastle East End yang pada saat itu adalah klub yang paling dominan di antara keduanya, dan klub Newcastle West End sebaliknya sedang mengalami krisis finansial. Akhirnya kedua kubu sepakat untuk menggabungkan diri dan membentuk satu klub yang lebih solid dengan nama Newcastle United.

Keduanya memilih stadion St James’ Park sebagai markas klub baru tersebut dan mengganti seragam yang pada awalnya berwarna merah dan putih menjadi garis hitam putih. Klub baru tersebut terpilih untuk masuk ke dalam Liga Sepak Bola pada tahun 1893, dan pada tahun-tahun selanjutnya Newcastle United menjadi bahan pembicaraan di berbagai media masa di Inggris pada waktu itu.

Tepat seratus tahun kemudian, pada tahun 1993, Newcastle United berhasil mendapatkan promosi untuk masuk ke Divisi Utama Liga Inggris yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama “English Premier League”. (wikipedia)