Profil dan Sejarah Klub Hellas Verona

Profil Hellas Verona

https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/-nDALev2913M/VWbW3GcbrEI/AAAAAAAAJ7w/cGoXY0lMris/s1600/Hellas-Verona.png?resize=229%2C229Nama lengkap    : Hellas Verona Football Club SpA

Julukan               : Gialloblu (Kuning-Biru), Mastini; Scaligeri

Nama singkat     : Verona

Didirikan             : 1903

Stadion               : Stadion Marc’Antonio Bentegodi, Verona
(Kapasitas: 39,211)

Hellas Verona Football Club, atau lebih sering dikenal dengan nama Verona merupakan tim sepakbola profesional Italia yang berbasis di kota Verona. Tim ini pernah menjadi kampiun Italia pada 1984-1985.

Didirikan di tahun 1903 oleh sekumpulan murid sekolah, klub ini dinamai Hellas (atau Yunani) atas permintaan profesor mereka. Hellas merupakan salah satu tim pembentuk liga Italia pada awal pendiriannya dan saat itu kerap menjadi penantang serius gelar juara.

Pada 1919, setelah vakum empat tahun akibat Perang Dunia I, Hellas dilebur menjadi satu dengan rival sekota mereka, Verona dan membentuk klub baru bernama Hellas Verona.

Saat dimulainya era profesional Serie A pada 1929, klub yang saat itu masih berstatus amatir kembali harus melebur dengan rival sekota, Bentegodi dan Scaligera untuk membentuk AC Verona dan memulai debut di Serie B. Setelah promosi ke Serie A pada 1957-58, klub harus melebur lagi pada 1959 dengan rival sekota lainnya, kebetulan bernama Hellas, untuk memulai era baru sebagai Hellas Verona AC hingga saat ini.