Profil dan Sejarah Klub Arsenal

Nama lengkap : Arsenal Football Club
Julukan : The Gunners
Didirikan : 1886
Stadion : Stadion Emirates dengan kapasitas 60.355
Pemilik: Arsenal Holdings plc
Ketua : Peter Hill-Wood
Manajer : Arsene Wenger
Stadion (Emirates Stadium)

 

https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-t1ylUQMnJ5s/VWbbez7BYlI/AAAAAAAAJ9A/x1p8z_1P87I/s1600/Arsenal-logo.png?resize=199%2C234Arsenal atau Arsenal Football Club merupakan sebuah klub sepak bola Inggris profesional yangbermain di Liga Premier Inggris. Tim ini berpusat di Holloway, London.

Arsenal menjadi salah satu klub tersukses di sepakbola Inggris yang telah menjuarai 13 kali dari Divisi Utama dan gelar Liga Premier, serta meraih 10 kali juara Piala FA. Arsenal pemegang rekor untuk periode tanpa tanding terpanjang di kalangan tim papan atas Inggris dan baru terkalahkan di musim 2003-04.

Tim ini telah memiliki nama yang cukup disegani untuk dunia sepak bola di wilayah Eropa.

Arsenal berdiri pada tahun 1886 di Woolwich, dan pada 1893 menjadi klub pertama dari Inggris wilayah selatan yang bergabung di liga sepak bola professional Inggris. Pada tahun 1913, markas klub ini pindah ke Inggris bagian utara ke Stadion Arsenal di kota Highbury. Setelah kepindahannya tersebut pada 1930 klub ini memenangkan lima gelar Kejuaraan Liga dan dua Piala FA. Sejak saat itu Arsenal dikenal sebagai tim predator yang sering menjuarai Liga di Inggris.

Setelah periode emas yang dirasakan Arsenal dimana waktu tersebut adalah periode sebelum perang dunia, akhirnya Tim Sepak Bola dengan julukan The Gunners ini kembali menjuarai Liga dan Piala FA dua kali berturut-turut pasca perang, di musim 1970-71. Dilanjutkan lagi pada tahun 1990 dan dekade pertama abad ke-21, klub ini memenangkan gelar ganda lebih dari dua kali dan juga mencapai final Liga Champions tahun 2006. Arsenal telah sangat terkenal memiliki persaingan panas dengan klub satu kota Tottenham Hotspur yang biasa di sebut derby London Utara. Arsenal adalah klub yang pernah menduduki peringkat ketiga terkaya yang tercatat dalam asosiasi klub sepakbola di dunia pada 2010, dengan nilai $ 1,2 milyar.

Sejak berdiri, Arsenal beberapa kali pindah stadion. Mulai dari memakai sebuah lapangan di Woolwich yang bernama Manor Ground, lalu pindah ke London Utara, sekaligus membangun Stadion Highbury dan dipakai pertama kali dipakai pada tahun 1913. Stadion ini dipakai Arsenal hingga pada musim 2005/06 (atau berusia kurang lebih 93 tahun). Pertandingan terakhir yang digelar di Stadion Highbury adalah Liga Utama Inggris, yaitu Arsenal vs Wigan Athletic yang berhasil dimenangkan oleh Arsenal dengan skor 4-2 dengan tiga gol dari Thierry Henry. Stadion ini diganti, dikarenakan kapasitasnya yang terlalu kecil dibanding stadion klub-klub lain, seperti Chelsea F.C..

Sejak bulan Juli 2006 sampai sekarang, klub ini menempati markas barunya, Stadion Emirates yang berkapasitas 60.500 kursi dan terletak di Ashburton Grove dan peresmian pemakaian Stadion Emirates sekaligus pertandingan pertama yang digelar adalah dengan diadakannya sebuah pertandingan persahabatan antara Arsenal dengan para pemain legenda Belanda untuk perpisahan Dennis Bergkamp, yang merupakan seorang mantan penyerang Arsenal.