Profil dan Sejarah Klub A.C. Cesena

Profil A.C. Cesena

https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-Ln0qaEUb3Kw/VWbU3VU0qFI/AAAAAAAAJ7I/viXiRM8iY5A/s1600/AC-Cesena.png?resize=223%2C223Nama lengkap    : Associazione Calcio Cesena SpA

Julukan               : Cavalluccio Marino (Kuda Laut)

Didirikan              :1940

Stadion                : Stadion Dino Manuzzi, Cesena, Italia
(Kapasitas: 23.900)

A.C. Cesena adalah nama tim sepak bola Italia. Berbasis di Cesena, Emilia-Romagna. Tim ini berdiri tahun 1940 dengan warna kostum utama yang dikenakan adalah hitam-putih.

Cesena didirikan pada tahun 1940, kemudian Cesena mencapai Serie B pada tahun 1968 dan promosi ke Serie A untuk pertama kalinya pada tahun 1973 dengan pemain seperti Pierluigi Cera dan Gianluigi Savoldi. Cesena menyelesaikan musim pertama di Serie A dengan menempati peringkat 11 pada klasemen akhir dan kembali menempati posisi yang sama pada musim berikutnya. Pada musim 1975-1976, Cesena membuat semua orang terkejut dengan menyelesaikan kompetisi di peringkat 6 dan mencapai kualifikasi untuk Piala UEFA, tapi prestasi itu berumur pendek dan mereka turun kasta musim berikutnya.

Sebuah promosi ke Serie A kedua terjadi pada tahun 1981 dan menyelesaikan kompetisi di peringkat 10 terhormat dan terdegradasi kembali pada tahun 1983, serata berada di Serie B selama empat tahun. Setelah memenangkan partai play-off, mereka kembali di Serie A untuk musim 1987-1988 dan berada di Serie A selama empat tahun hanya untuk menghindari degradasi.

Setelah degradasi pada tahun 1991, Cesena memiliki kesempatan lain untuk kembali ke Serie A pada tahun 1994 dengan pemain seperti Alessandro Teodorani, Emiliano Salvetti, Luigi Piangerelli, Aldo Dolcetti dan Dario Armigera. Namun, mereka selesai pada satu tingkat di bawah Padova, dan kehilangan kesempatan promosi melalui play-off dan merupakan pukulan berat bagi klub, yang akhirnya degradasi ke Serie C1 pada tahun 1997.

Pada tahun 2000 kesempatan promosi melalui partai play-off ke Serie B diperoleh dengan melawan Pistoiese, tetapi gagal dan Cesena tetap bermain di Serie C1 selama empat tahun.

Serie B musim 2005-06, Cesena mendapatkan kesempatan promosi ke Serie A dengan menempati peringkat 6 dan mendatkan kesempatan partai play-off, tetapi diakhiri kegagalan. Musim berikutnya diakhiri dengan hanya menghindar dari degradasi, tetapi satu musim kemudian Cesena degradasi kembali ke Serie C1.

Cesena, memulai musim 2008-2009 dengan pelatih baru Pierpaolo Bisoli, mantan pelatih Foligno. Sepanjang musim, Cesena tampil sebagai pesaing utama untuk promosi langsung, dan berhasil mengambil tempat pertama di liga pada Minggu ke-33, dengan hanya satu pertandingan tersisa dengan keuntungan dua angka atas penantang Pro Patria. Pada minggu terakhir musim itu, Cesena bermain 0-0 dengan Verona, ditambah dengan hasil 0-0 Pro Patria dengan Padova, memberikan Bianconeri promosi langsung kembali ke Serie B, setelah hanya satu musim di kasta ketiga liga sepak bola Italia. Musim berikutnya, Cesena kembali memperoleh promosi ke Serie A dengan menjadi peringkat 2 Serie B.