advertise
advertise
advertise

Presiden FIFA Akan Tambah Peserta Piala Dunia Menjadi 40 Tim

Topbola.net – Pelaksanaan Piala Dunia mendatang nampaknya akan ada perubahan dalam jumlah peserta. Pada turnemen yang awalnya bernama Jules Rimet Cup itu sendiri awalnya berjumlah 32 tim, namun jika benar akan terjadi perubahan maka akan menjadi 40 tim yang berhak untuk bertanding di even sepak bola paling bergengsi di dunia tersebut.

Dikutip dari warta Bisnis.com, jika Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino telah memberikan pernyataan akan penambahan jumlah peserta di Piala Dunia nanti.

Infantino juga menilai jika keterlibatan lebih banyak negara akan lebih mengembangkan sepak bola di seluruh dunia. Dia menyatakan hal itu merujuk pada penambahan peserta Copa America dan Piala Eropa (Euro) 2016 yang dinilainya sukses.

Putaran final Euro untuk pertama kalinya melibatkan 24 peserta pada tahun ini dari perhelatan sebelumnya 16 tim. Sedangkan Copa America, yang sejatinya milik Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol), tahun ini melibatkan enam negara dari zona Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia). Dengan demikian, jumlahnya menjadi 16 peserta dari biasanya 12 peserta, sudah termasuk dua tim undangan, karena zona Conmebol hanya beranggotakan sepuluh negara.

“Untuk pengembangan sepak bola, sangat penting untuk melibatkan lebih banyak negara dan wilayah,” kata Infantino kepada Bild. “Pertama, mari kita bicara mereka yang terlibat: para pemain, klub-klub, berbagai liga, asosiasi, dan mitra-mitra. Kemudian kita lihat opini dari berbagai pihak.”

Sebenarnya usul agar putaran final Piala Dunia melibatkan 40 negara bukan pertama muncul dari Infantino. Ketika dia menjadi Sekretaris Jenderal Union of European Football Associations (UEFA), bosnya, Presiden UEFA Michel Platini, pun telah menyuarakan hal tersebut.

Namun alasan Platini ketika itu berbeda. Mantan pemain timnas Prancis tersebut mengusulkan lebih pada upaya jangan sampai kontestan dari zona UEFA pada putaran final Piala Dunia dikurangi. Sebab, saat itu muncul keinginan dari sejumlah zona lain agar keterlibatan anggota mereka ditingkatkan.

Platini setuju keterlibatan negara dari zona selain Eropa dilibatkan—Eropa kini partisipan terbanyak dengan 13 negara, tapi dia tak ingin penambahan itu mengurangi jatah UEFA. Karena itu, Platini menyebut angka 40 sebagai solusi bagi semua pihak.

Yang pasti, kalaupun usul Infantino itu diterima, baru pada Piala Dunia 2022 bisa direalisasikan, mengingat Pra-Piala Dunia 2018 telah berjalan di beberapa zona. (Bisnis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − ten =