Presiden Barca Yakin Timnya Tak Akan Dilarang Main di La Liga

Image Catalunya Ingin Merdeka

Topbola.net La Liga Spanyol, spekulasi akan masa depan Barcelona untuk bisa bermain di kompetisi tertinggi Negeri Matador, Primera Devision atau yang lebih dikenal dengan La Liga terus menjadi perbincangan hangat. Hal tersebut menyusul langkah Catalan untuk melepaskan diri dari pemerintahan Spanyol dan memilih untuk merdeka.

Akhir-akhir ini hampir semua media berita menyebutkan jika El Blaugrana tengah terancam bakal terdepak dari kompetisi La Liga jika Catalunya memang ingin merdeka. Konfirmasi Dewan Legislatif Spanyol yang menyebutkan jika akan melarang klub dari negara lain tampil di La Liga, kecuali klub asal Andorra.

Namun dari berita yang dilansir Marca menyebutkan, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mencoba untuk mendinginkan situasi yang memang tengah panas dengan mengatakan Barcelona tetap bermain di La Liga meski berpisah dari Spanyol. Namun, pernyataan berbeda diutarakan Presiden La Liga, Javier Tebas. Tebas khawatir Lionel Messi dan kawan-kawan dilarang tampil karena akan sulit mendapat izin dari pemerintah Spanyol.

Terkait akan polemik kemerdekaan Catalunya kian memanas, Andreu Subies yang dulu pernah menjabat sebagai dewan direktur federasi sepak bola Spanyol (RFEF) mencoba menenangkan situasi.

“Tidak ada yang akan berubah di sini, itu tidak mungkin terjadi. Kita harus menunggu untuk melihat apa yang terjadi di bulan November sebelum mengambil keputusan. Dengan apa yang terjadi di Catalunya, sepertinya kita mendengarkan dua band bermain,” ujar Subies.

Sebelumnya, Barcelona dikabarkan menawarkan diri menjadi anggota Komisi Independen untuk Diagol, Mediasi dan Konsiliasi yang bertugas menengahi konflik antara pemerintah Catalunya dan Spanyol. Nantinya, Barcelona akan bergabung bersama 10 organisasi yang tidak berafiliasi dengan politik. (Marca)