Posisi Peru di Piala Dalam Bahaya, Italia dan Chile Berpeluang Jadi Pengganti

timnas peru

Topbola.net Berita bola terbaru mengabarkan jika posisi Timnas Peru di Piala Dunia 2018 bisa jadi terancam menysul adanya undang-undang yang diajukan oleh wanita anggota kongres Peru di parlemen.

Jika ini benar-benar terjadi maka FIFA besar kemungkinan akan mencabut status keberhasilan Peru dan akan menggantikannya dengan tim lain yang masuk dalam babak play off kemarin. Dalam hal ini tentunya Italia dan Chile cukup berpeluang jika mendapat kesempatan untuk menggantikan posisi tim berjuluk La Blanquirroja tersebut.

Italia sendiri sebelumnya harus gagal melaju ke Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Rusia setelah dibabak play off kalah agregat dari Swedia. Sementara Chile yang menjadi tim unggulan sebelumnya juga harus kandas usai takluk dari Brasil dengan skor 0-3.

Sedangkan Peru memang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia setelah mampu menang agregat 2-0 dari Selandia Baru.

Namun berdasirkan dari berita yang dilaporkan Libero menyatakan bahwa posisi Peru bisa jadi dalam bahaya, mengingat terdapat potensi intervensi pemerintah pada sepakbola – yang bisa membuat FIFA bertindak dan bahkan membuat hak mereka bermain di Piala Dunia akan dicabut.

Skenario tersebut akan membuka peluang bagi Italia atau Chile untuk menggantikan posisi Peru di Piala Dunia mendatang.

“Jika ada sebuah asosiasi (dari 32 negara yang lolos) mengundurkan diri atau terpaksa dinyatakan tak bisa berkompetisi, maka FIFA selaku penyelenggara turnamen akan mengambil keputusan atau mengambil tindakan yang dirasa perlu,” demikian bunyi Artikel 7 Regulasi FIFA.

“FIFA bisa, secara khusus, memutuskan untuk menggantikan posisi asosiasi yang dipertanyakan situasinya tersebut dengan asosiasi lain.”