advertise

Portugal Bertekad Putus Rekor Kekalahan dari Prancis

Topbola.net – Ambisi besar menjadi modal tersendiri bagi Portugal jelang menghadapi Prancis dipartai final UEFA Euro 2016 di Stade France, Senin 11 Juli 2016 dini hari nanti. Keinginan Cristiano Ronaldo cs untuk mematah rekor kekalahan dari Les Blues disebut menjadi modal pada laga tersebut.

Sejarah pertemuan kedua tim mengatakan jika Portugal belum sekalipun sukses jika harus berhadapan dengan Prancis sejak tahun sejak 1975, termasuk pada semifinal Piala Eropa 1984 dan 2000, lalu semifinal Piala Dunia 2006.

Seperti dilansir Viva.co.id, tim Ayam Jago memiliki catatan fantastis ketika tampil di depan pendukungnya sendiri. Prancis selalu menjadi juara baik ketika Piala Eropa 1984 yang dipimpin aksi Michel Platini, juga pada Piala Dunia 1998 berkat inspirasi Zinedine Zidane.

Portugal tentu merasakan beban tersendiri di Stade de France nanti. Tapi, pelatih negeri asal Iberia tersebut, Fernando Santos, menilai aura final akan memberikan warna tersendiri.

“Belum pernah ada final Portugal-Prancis, sejarah ini di semifinal dan saya yakin Portugal akan membuat sejarah di final,” ujar Santos, seperti dilansir dari Reuters.

“Itu semua hanya angka, statistik, yang tak berarti apa-apa pada pertandingan nanti. Tak ada yang memikirkan soal itu, baik kubu Prancis atau Portugal. Jika satu tim atau yang lainnya mencatatkan kemenangan lebih banyak, atau imbang… angka ini yang ingin dikesampingkan pelatih dan pemain,” katanya.

Santos mengatakan kalau Portugal akan melawan ‘kutukan’ sulit kontra Prancis itu dengan beberapa modal yang dikatonginya, yaitu campuran pemain muda dan berpengalaman plus mental juara.

“Pengalaman sangat penting tapi Anda butuh sesuatu baru, sesuatu yang segar, ini yang dibawa pemain muda. Tapi mereka membawa kualitas dan gaya alami pemain muda dan ini penting. Untungnya, saya punya beberapa juara di sini, karena seseorang yang belum pernah menang sesuatu tak akan tahu bagaimana menghadapinya,” jelas Santos. (Viva)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − one =