Advertisher1 Advertisher2 Advertisher3 Advertisher4

Polda Jatim Berniat Damaikan Aremania dan Bonek

Topbola.net – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Anton Setiadji, mengatakan akan keinginanannya untuk dapat mendamaikan dua kelompok suporter sepak bola di Jawa Timur, Aremania (pendukung Arema) dan Bonek (pendukung Persebaya).

Anton mengaku sudah bertemu dengan beberapa perwakilan Aremania dan Bonekmania. Meskipun perseteruan antara Aremania dan Bonek sudah mengakar serta sering menimbulkan konflik, ia menegaskan perdamaian di antara dua kelompok suporter itu penting.

“Memang ini masih jalan panjang kita akan bicara dari hati ke hati ke teman-teman Aremania dan Bonek. Kita mengharapkan bisa jadi contoh Nasional, untuk persiapan pertandingan yang baik, aman, tertib dan lancar. Sehingga nanti dari Jatim inilah muncul spirit-spirit perdamaian yang merembet ke daerah lain,” ujarnya.

“Jadi kita jangan sampai ada kegiatan sepak bola di Jatim tidak aman dan lancar. Dimana-mana kegiatan sepak bola yang ada di Jatim kita atensi, kita minta kepada suporter untuk turut menjaga keamanan pertandingan sepak bola dan diminta menyebarkan virus perdamaian yang dimulai dari Jatim,” imbuhnya.

Anton berjanji akan lebih intensif lagi mendekatkan diri kepada masing-masing Kordinator wilayah (Korwil) Aremania maupun Bonek.

“Agar perdamaian di antara kedua kelompok suporter yang sudah berseteru sejak lama itu tidak berhenti di opini, namun dapat terwujud,” ia menutup.

Konflik antar suporter bukan hanya Aremania dan Bonek. Dua kelompok yang suporter lain seperti Jakmania (Persija) dan Bobotoh (Persib) juga memiliki persaingan serta rivalitas yang kuat.