Advertisher1 Advertisher2 Advertisher3 Advertisher4

Pirlo: Buffon Layak Dapatkan Ballon d’Or

Gianluigi Buffon

Topbola.net – Mantan bintang lapangan tengah Juventus, Andrea Pirlo mengkalim jika rekan seperjuangannya di Timnas Italia dan klub raksasa asal Turin, Gianluigi Buffon memang layak untuk mendapatkan penghargaan pemain terbaik Ballon d’Or andai di final Liga Champions nanti Nyonya Tua mampu memupus mimpi Real Madrid untuk menjadi tim pertama yang berhasil menyabet gelar bergensi tersebut selama dua musim beruntun.

Buffon menjadi salah satu kiper terbaik yang ada dalam sejarah sepakbola dengan berbagai title telah ia dapatkan termasuk sepuluh gelar Scudetto dan beberapa piala lainnya, namun hanya dua kali finis sebagai runner-up pada dua kesempatan final Liga Champions 2002-03 dan 214-15 lalu.

Baca juga: Ronaldo dan Buffon Terdepan dalam Perebutan Ballon d’Or Versi Mbappe

Melihat peran besar yang telah diberikan oleh sang penjaga gawang membuat Pirlo menilai jika Buffon memang sangat pantas dianugerahi Ballon d’Or jika Juve berhasil meraih kemenangan akhir pekan ini.

“Saya kira juga demikian. Kali ini saya kira adalah tahun yang tepat baginya,” ujar Pirlo ketika melakukan wawancara bersama Il Corriere della Sera.

Hampir jalan satu dekade peraihan gelar Ballon d’Or hanya berkutat pada dua bintang asal klub La Liga,  Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saja, sementara eks penjaga gawang Dynamo Moscow dan legenda sepak bola Uni Soviet, Lev Yashin, adalah satu-satunya kiper yang pernah memenangkan penghargaan ini pada tahun 1963 silam.

Untuk persaiangan Ballon d’Or musim ini tak hanya Pirlo yang memiliki dukungan pada Buffon, sebelumnya sejumlah pemain berkelas juga pernah mengutarakan dukungannya kepada kiper 39 tahun itu untuk meraih penghargaan ini seperti Antoine Griezmann, Gerard Pique dan yang terbaru adalah sahabatnya sendiri, Iker Casillas.

Pada kesempatan yang sama, Pirlo juga menyatakan harapannya agar Buffon pada akhirnya bisa merengkuh trofi Liga Champions.

“Saya sangat gembira untuknya dan untuk fakta bahwa dia sekali lagi memiliki peluang untuk mencapai tujuan yang telah dikejar olehnya. Saya akan sangat gembira jika dia berhasil memenangkan trofi sebab dia sudah membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik,” tandasnya.