Piala AFF: Indonesia Satu Grup dengan Thailand dan Singapura

Timnas Indonesia

Topbola – Babak penyisihan grup Piala AFF sudah diselenggarakan di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Rabu (2/5). Dimana hasil yang didapat menunjukan bahwa Indonesia harus berjuang menghadapi tim-tim kuat seperti Thailand dan Singapura yang sama-sama menempati Grup B pada babak penyishan.

Kedua tim saingan Indonesia diatas merupakan tim sukses dalam sejarah Piala AFF. Thailand sendiri misalnya telah berhasil menggondol lima kali juara sementara tim tetangga Singapura dengan empat trofi AFF yang sudah masuk kedalam lemari juara mereka.

Untuk pengundiannya sendiri peserta dibagi ke dalam lima pot. Pot pertama dihuni tim unggulan, yakni Thailand dan Vietnam. Indonesia dan Malaysia masuk pot kedua sehingga tak mungkin berada dalam satu grup. Pot ketiga diisi Filipina dan Myanmar, pot keempat dihuni Singapura dan Kamboja, serta pot kelima diisi Laos dan pemenang laga play-off antara Timor Leste versus Brunei Darussalam. Timor Leste menjadi tuan rumah pertama pada 3 September dan kemudian bertandang ke markas Brunei pada 11 September 2018.

Piala AFF 2018 yang akan berlangsung 8 November-15 Desember, menggunakan format baru. Sebanyak 10 tim peserta dibagi ke dalam dua grup, masing-masing diisi oleh lima tim. Penyisihan menggunakan sistem round robin, namun setiap tim mendapatkan jatah dua kali bermain kandang dan dua tandang.

Indonesia tak pernah menjadi juara turnamen bergengsi negara-negara Asia Tenggara ini. Dari 11 kali penyelenggaraan sejak masih bernama Piala Tiger, prestasi terbaik Indonesia hanyalah runner-up. Termasuk pada 2016 lalu saat ditaklukkan Thailand pada laga final.

Hasil undian Piala AFF 2018

Grup A: Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Laos

Grup B: Thailand, Indonesia, Filipina, Singapura, Timor Leste/Brunei Darussalam


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =