Advertisher1 Advertisher2 Advertisher3 Advertisher4

Petugas Pengaman Asian Games 2018 akan Gunakan Detektor Nuklir

Jazi Eko Istiyanto

Topbola.net Asian Games 2018, Indonesia akan segera menggelar even olahraga tingkat Asia (Asian Games) yang akan berlangsung tahun 2018 mendatang. Tentunya perlu persiapan yang matang demi lancarnya penyelenggaraan acara pesta olahraga emat tahunan itu.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah sistem keamanan yang akan bertugas pada acara nanti, termasuk upaya adanya teror yang bisa saja menyelinap masuk dalam gelaran event olahraga Asia tahun ini salah satunya ancaman nuklir.

Dikutip dari laman RRI.co.id, Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) Jazi Eko Istiyanto menyatakan kesiapan institusinya untuk menyukseskan pesta olahraga negara-negara Asia yaitu Asian Games 2018 yang diselenggarakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang.

Salah satu bentuk partisipasi adalah menyediakan alat detektor nuklir yaitu yaitu Radition Portal Monitor (RPM).

“Bapeten akan ikut mengamankan mager publik event di Palembang dan Jakarta. Bapak, ibu petugas yang terlibat pengamanan, akan dilengkapi detektor nuklir,” kata Jazi Eko Istiyanto, kepada wartawan usai menggelar audiensi dengan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto di Kemenkopolhukam, Rabu (27/9/2017).

Dia mengatakan deteksi nuklir sangat penting untuk mengantisipasi serangan dari teroris. Detektor nuklir untuk mendeteksi adanya penyelundupan bahan nuklir atau barang yang mangdung zat radiokatif.

“Kita membantu mengamanakan dari bahaya radiasi nuklir. Kita juga minta bantuan IAEA karena alat tidak cukup,” ujarnya.

Selain itu, agar pengamanan di Asian Games 2018 kondusif maka di pelabuhan internasional juga telah dipasang detektor nuklir.

Direktur Keteknikan dan Kesigapsiagaan Nuklir Bapeten, Dedik Eko Sumargo mengatakan pada 2016 ada lima titik pelabuhan yang telah dipasang alat detektif nuklir. Dalam waktu dekat, RPM akan di pasang di Semarang. (RRI)