Perseru Serui Gagal Ulangi Kemenangan Atas Persipura

Persipura vs Perseru

Topbola.net – Pertandingan sengit bertajuk derby Papua terjadi pada laga lanjutan kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 antara tim penghuni papan atas, Persipura Jayapura melawan Perseru Serui yang berlangsung di stadion Mandala, Rabu (12/7/2017) sore WIB. Bertekad untuk mengulang keberhasilan mengalahkan tim Mutiara Hitam, tim tamu harus gagal setelah kedua tim bermain imbang 2-2.

Memiliki rekor bagus dibeberapa pertandingan kompetisi musim ini, Persipura selaku tuan rumah juga lebih diunggulkan lantaran punya rekor kandang bagus. Total lima kemenangan mampu dipersembahkan Boas Salossa dkk saat harus menghadapi lawan mereka diStadion kebanggaan warga Jayapura itu.

Namun saat laga penuh gengsi kala meladeni tim sesama Papua lainnya, Perseru Serui, Persipura Jayapura malah sulit berkembang. Terlebih lagi Perseru yang saat ini tengah ditangani oleh Agus Yuwono mampu unggul terlebih dulu 0-2 melalui gol yang dicetak Silvio Escobar (9) dan Mariando Djonak Uropmabin (57).

Persipura Jayapura sendiri sempat memperkecil kedudukan dari tim tamu melalui Prisca Womsiwor. Namun, gol itu dianulir lantaran dianggap off-side. Alhasil, Perseru Serui tetap memimpin 1-0.

Tidak lama, Persipura Jayapura mendapat lagi kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan jadi 1-1. Itu setelah wasit Novari Ihksan Arilaha menunjuk titik putih di menit ke-35 setelah Womsiwor dijatuhkan pemain Perseru Serui.

Namun, Ricardinho yang dipercaya menjadi eksekutor penalti gagal melaksanakan tugasnya karena bola membentur tiang gawang. Alhasil, babak pertama berakhir dan Persipura Jayapura tetap tertinggal 0-1.

Sialnya lagi, Persipura Jayapura kecolongan lagi jadi 0-2 di babak kedua. Ini akibat kesalahan Muhamad Tahir yang bisa dimanfaatkan Uropmabin untuk menaklukan kiper asal Korea Selatan Jae-Hoon Yoo di menit ke-57.

Namun, dewi fortuna masih menaungi Persipura Jayapura. Ruben Sanadi dkk bisa terhindar dari kekalahan setelah memborong dua gol beruntun. Sudulan Ian Kabes memanfaatkan sepak pojok mengubah kedudukan jadi 1-2 pada menit ke-60.

Persipura Jayapura akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit ke-64. Womsiwor yang sebelumnya banyak buang peluang, kali ini bisa memaksimalkannya. Umpan Yan Pietr Nasadit bisa dikonversi pemain muda asli Papua itu menjadi gol.

Hasil imbang ini membuat Persipura Jayapura gagal untuk terus mempersempit jarak poin dari pemuncak klasemen,  PSM Makassar. Mereka stagnan di posisi tiga dengan 24 angka, dan kini tertinggal dua angka dari Juku Eja. Sedangkan Perseru Serui tetap menghuni urutan ke-16 dengan 10 angka.