Penantian Panjang yang Berbuah Manis Bagi Portugal

Portugal Juara EURO 2016

Topbola.net – Disebut memiliki generasi emas ditahun 2004 Portugal malah harus mengalami kegagalan di final Euro saat takluk dari Yunani di final yang digelar dimarkas mereka sendiri kala itu. Namun penantian untuk menjadi juara itu akhirnya tercapai sudah setelah pada dini hari tadi tim berjuluk Selecção das Quinas mampu menudukan tuan rumah Prancis dengan skor 1-0 pada laga pamungkas yang digelar di Stade France, Paris.

Ini tentu sebuah hasil penantian panjang yang berujung manis bagi Portugal mengingat mereka sudah tampil sepanjang tujuh edisi Euro sejak tahun 1984.

Portugal menjadi tim langganan yang selalu berhasil lolos fase grup. Namun ambisi mereka menjadi juara selalu pupus. Diawali di Piala Eropa 1984 saat mereka tersingkir di semifinal.

Usai absen di Piala Eropa 1988 dan 1992, Portugal kembali tampil di Piala Eropa 1996. Namun langkah mereka terhenti di babak perempatfinal. Di Piala Eropa 2000, langkah Portugal terhenti di semifinal.

Portugal nyaris menjadi juara saat menjadi tuan rumah Piala Eropa 2004. Mereka sukses melaju ke final. Tapi sayang mereka secara mengejutkan tumbang 0-1 dari tim lemah Yunani.

Upaya Portugal di dua edisi Piala Eropa berikutnya juga berakhir tragis. Langkah Portugal terhenti di babak perempatfinal Piala Eropa 2008 dan semifinal Piala Eropa 2012.

Namun, penantian Portugal berakhir di Piala Eropa 2016. Mereka akhirnya menjadi kampiun. Meski di awal turnamen, kualitas dan kekuatan Portugal sempat diragukan banyak pihak.