Pelatih Brasil Minta Timnya Belajar dari Kegagalan Italia

Italia Gagal Lolos Piala Dunia 2018

Topbola.net Sepak Bola Dunia, Timnas Italia telah dipastikan melaju ke gelaran Piala Dunia 2018 usai kalah agregat dari Swedia pada babak play off yang berlangsung beberapa hari lalu. Kegegalan ini menjadi yang kedua kalinya dalam sejarah sepak bola Negeri Spagetty untuk tidak ikut dalan ajang paling bergengsi sejagat tersebut.

Sebelumnya Italia juga pernah absen pada gelaran Piala Dunia 1958 usai gagal memperebutkan satu tiket lolos. Kini hal tersebut terulang lagi setelah kegagalan yang pernah terjadi selama 60 tahun silam.

Mengenai kegagalan yang dialami oleh Italia sendiri, pelatih Brasil, Tite mengingatkan kepada skuat asuhannya untuk terus memberikan yang terbaik meski dalam ajang kualifikasi.

“Masalah Italia ini penting buat kita melihat bahwa sangat penting memberikan segalanya untuk kualifikasi,” kata Tite seperti dilansir Soccerway, Rabu 15 November 2017.

Tite mengaku tak pernah menganggap enteng saat melakoni fase kualifikasi di zona CONMEBOL. Brasil menjadi juara grup dan menjadi tim barisan pertama yang memastikan tiket ke Rusia.

“Sungguh-sungguh sulit untuk melakukan ini, sangat sulit untuk mendapatkan tiket Piala Dunia dan hanya mengandalkan sejarah. Kebesaran jersey, tidak akan membuatmu dapat tiket Piala Dunia,” ujarnya.

“Ini adalah era sepakbola berkualitas tinggi, kamu tak bisa menerka ini.”

Gialuigi Buffon gagal mendapatkan tiket melalui jalur kualifikasi grup, atau pun play off melawan Swedia. Sementara itu, Brasil menjadi salah satu tim yang diunggulkan kembali meraih piala, mengingat penampilan impresifnya sejauh ini.