Menangi GP Spanyol, Dani Pedrosa Masuk Buku Sejarah

Dani Pedrosa

Topbola.net MotoGP, Kemenangan rider Repsol Honda, Dani Pedrosa di Seri keempat MotoGP Spanyol menjadi sebuah jawaban bagi semua pihak yang menyebut kejayaannya telah berakhir.

Sejak awal lap pertama dimulai , pembalap 31 tahun tersebut memang langsung sukses menempati posisi terdepan hampir di sepanjang balapan berlangsung. Pedrosa berhasil mengamankan posisi terdepan dan meninggalkan para rivalnya jauh di belakang bahkan hingga balapan selesai.

GP Spanyol sendiri menjadi podium pertama bagi Pedrosa, disusul rekan setimnya, Marc Marquez di posisi kedua dan pembalap Ducati, Jorge Lorenzo di posisi ketiga. Sayangnya, pencapaian bagus duo Honda tak diikuti duo Yamaha di Sirkuit Jerez tersebut.

Dua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales nyaris tampil kurang gereget dan hanya finis masing-masing di posisi ke-10 dan ke-6.

Kemenangan di arena Moto GP Spanyaol ini menjadi sesuatu yang sepesial bagi Pedrosa, lantaran dirinya dipastikan masuk dalam catatan sejarah balap motor Grand Prix. Pembalap kelahiran 29 September 1985 itu menjadi pemenang Grand Prix ke-3.000 dan kini sejajar dengan dua legenda MotoGP, Angel Nieto dan Mick Doohan.

Nieto sendiri merupakan pemenang ke-1.000 saat Grand Prix Jerman kelas 500cc di Hockenheim pada 1975 silam. Sementara Doohan tampil sebagai pemenang balapan ke-2.000 yang berlangsung di Jepang pada kelas 500cc di Suzuka musim 1997 lalu.

Podium pertama di MotoGP Spanyol merupakan kemenangan perdana Pedrosa di musim 2017, serta yang pertama sejak terakhir kali naik podium tertinggi di Misano 2016. Pedrosa kini naik ke peringkat keempat dengan torehan 52 poin dalam klasemen sementara, sedangkan posisi puncak klasemen dikuasai Valentino Rossi dengan koleksi 62 poin.