Lyon Berikan Kakalahan Perdana PSG di Ajang Ligue 1

Topbola.net – Catatan tak terkalahkan yang dimiliki Paris Saint Germain diajang Ligue 1 Prancis musim ini akhirnya harus terhenti ditangan Olympique Lyon menyusul kekalahan perdana mereka dengan skor 1-2 pada laga lanjutan kompetisi domestik pada Senin (29/2/2016) dinihari WIB.

Sebenarnya PSG tampil begitu dominan dalam penguasaan bola. ESPN mencatat anak asuh Laurent Blanc punya persentase mencapai 64%.

Namun kendati sukses menguasa jalannya laga, mereka masih selalu gagal memanfaatkan peluang yang ada untuk menjadi sebuah gol. PSG cuma mampu melepaskan enam tembakan dan tiga yang menemui sasaran. Sebaliknya, Lyon amat efisien dengan mencatatkan 14 percobaan di mana separuhnya mengarah ke gawang.

Di menit ke-13, PSG sudah kemasukan oleh Maxwel Cornet. Menerima umpan Alexandre Lacazette di sisi kiri di dalam kotak penalti, Cornet bergerak ke tengah lalu melepaskan sepakan terukur ke pojok kanan gawang. Kevin Trapp tak kuasa menjangkau bola meski sudah merentangkan tubuh sedemikian rupa.

PSG makin tertinggal ketika Sergi Darder menggandakan skor Lyon di masa injury time babak pertama. Rafael melepaskan umpan silang dan dikontrol Darder di tengah kotak penalti dengan cemerlang, di mana bola dilewatkannya ke atas kepala Thiago Silva. Darder lantas menuntaskannya dengan sontekan ringan melewati Trapp.

Enam menit babak kedua berjalan, PSG menghidupkan peluang dengan gol Lucas Moura. Mulanya Javier Pastore berusaha merangsek ke dalam kotak penalti, tapi terhalang kerumunan bek Lyon.

Saat itulah bola terlepas, tapi jatuh di kaki Lucas. Lucas kemudian bergerak untuk membuka ruang, sebelum kemudian menuntaskan aksinya dengan sepakan ke pojok kiri gawang.

PSG berupaya menekan di sisa waktu, tapi gagal mencetak gol penyelamat. Mereka pun takluk 1-2. Ini jadi kekalahan pertama PSG di liga musim ini setelah 28 pekan. Sebelumnya mereka melaju dengan 23 kemenangan dan empat hasil imbang.

Bagaimanapun hasil ini tak mengubah posisi PSG di klasemen. Mereka masih kukuh di puncak klasemen dengan nilai 73, unggul 23 angka dari AS Monaco di posisi dua. Sementara Lyon naik ke posisi tiga dengan kemenangan ini, mengoleksi 42 poin.

Susunan pemain:

Lyon: Lopes; Rafael, Yanga-Mbiwa, Morel, Bedimo; Ferri, Gonalons, Darder; Ghezzal, Lacazette, Cornet

PSG: Trapp; Van der Wiel, Silva, Luiz, Maxwell; Stambouli, Motta, Rabiot; Lucas, Ibrahimovic, Cavani