Lima Orang Asia Yang Punya Peran Penting di Sepak Bola Eropa

Sheikh mansour

Topbola.net – Di era sepakbola modern, kekuatan finansial sebuah klub tentu akan mempengaruhi prestasi sebuah klub dalam melakoni pertandingan pada setiap kompetisi khususnya di Eropa. Adanya besaran dana tentu tergantung dari para ivestor dan kekayaan pemilik saham terbesar masing-masing klub lah yang mendasari pondasi finasial klub.

Sebut saja klub seperti Paris Saint Germain (PSG), Manchester City, Atletico Madrid, Real Madrid dll menjadi salah satu klub yang kuat dari segi keuangan tim.

Namun tentunya sudah bukan rahasia lagi jika beberapa klub Eropa bisa menjadikan sebuah kekuatan besar sepakbola mereka justru dari sokongan para investor dari Asia. Dan siapa saja mereka yang memiliki peranan pentin tersebut?

Berikut Lima Orang Asia Yang Punya Peran Penting di Sepak Bola Eropa:

1. Sheikh Mansour

Merupakan taipan asal Timur Tengah, Manchester City merupakan klub yang ia miliki saat ini. Sebelumnya klub asal kota pelabuhan tersebut adalah klub yang kerap menghuni papan bawah dan tengah klasemen Liga Inggris. Namun dengan datangnya sang Presiden kini klub berjuluk The Citizens mampu menjelma menjadi sebuah kekuatan yang sangat mengerikan. Digelontorkan dana tak terbatas, Manchester City kini merupakan klub baru dengan skuad bintang dengan pemain-pemain bintang di dalamnya.

2. Nasser Al Khelafi

Dia adalah Presiden klub Paris Saint Germain (PSG), nama PSG memang sudah dari dulu masuk kedalam jajaran klub elite Liga Inggris, namun untuk berbicara banyak dikancah sepakbola Eropa, PSG bukanlah tim unggulan di kompetisi seperti Liga Champions. Namun berbeda dengan saat ini, tim yang bermarkas di Parc de Princes itu kini menjadi tim yang sangat tangguh dan menjadi salah satu klub favorit juara diajang palng bergengsin Eropa untuk musim ini.

3. Wang Jianlin

Orang China satu ini merupakan pemilik dari klub asal kota Madrid yaitu Atletico de Madrid. Sebenarnya, musuh bebuyutan Real Madrid tersebut sudah merupakan klub hebat sebelum masuknya Wang Jianlin namun mereka mempunyai banyak kesulitan dalam finansial tim. Oleh karena itu, masuknya orang kedua terkaya asal Asia tersebut membuat banyak perubahan, salah satunya stadion Wanda Metropolitano yang baru saja diresmikan.

4. Nasser Al Khelafi

Orang kaya asal Malaysia satu ini memilih untuk berinvestasi di klub asal Bosnia Herzegovina bernama FK Sarajevo. Walaupun tidak setenar tim-tim sebelumnya, Vincent Tan memberikan perubahan yang cukup signifikan terhadap klub itu. Di musim perdananya, ia berhasil membawa FK Sarajevo menjuarai liga padahal mereka telah puasa gelar selama 7 tahun. Hal tersebut membuatnya semakin optimis dalam menghadapi musim-musim selanjutnya.

5. Vichai Srivaddhanaprabha

Ia merupakan pengusaha asal Asia Tenggara, Thailand ini adalah pemilik asal Asia yang paling beruntung dalam sejarah liga Inggris. Betapa tidak, ia berhasil menjadi jawara liga terkompetitif di Eropa tersebut padahal hanya mengasuh klub Leicester City yang di musim sebelumnya hampir masuk ke jurang degradasi. Lebih lanjut, Vichai juga merupakan orang yang sangat mencintai negara, hal itu dibuktikan dengan membawa beberapa pemain untuk trial bersamanya di Inggris.

Kelima orang Asia tersebut membuktikan jika para pengusaha dari benua kuning jika mempunyai kapabilitas dalam memiliki sebuah klub besar. Sebenarnya, ada pengusaha asal Indonesia bernama Erick Thohir yang sempat membeli klub Internazionale Milano. Namun, ia telah menjualnya ke perusahaan asal negeti tirai bambu.

Sumber: Wikipedia