Leicester City Ikut Liga Champions Musim Depan

Topbola.net – Hasil kemenangan Leicester City dari Sunderland dengan skor 2-0 pada akhir pekan kemarin memiliki makna cukup besar bagi The Foxes. Pasalnya dari hasil tiga poin yang didapat pasukan Claudio Ranieri tersebut juga memastikan mereka lolos ke aajang Liga Champions musim depan.

Kini Leicester telah mengoleksi poin 72 dan masih bertengger dipuncak klasemen. Sementara Manchester United yang kalah dari Tottenham Hotspurs masih harus tertahan diurutan kelima.

Memang jarak klasemen kedua tim ini sangat terpaut cukup jauh antara satu dan lima, namun melihat hitung-hitungan jika saja di lima laga sisa ini Leicester harus mengalami semua kekalahan dilaga sisa mereka masih bisa bertengger diatas posisi empat besar yang berhak atas satu tiket ke Liga Champions sebagai wakil Inggris.

Untuk klub berjuluk Si Rubah itu sendiri terakhir kali bermain di Eropa pada Piala UEFA musim 2000/01. Sebelum itu mereka pernah dua kali bertarung di kancah Eropa, tetapi selalu gagal lolos dari putaran pertama.

Debut pertama Leicester di Eropa terjadi pada musim 1961/61 di Winner Cup. Sayang mereka terdepak di putaran pertama karena kalah dari Atletico Madrid.

Pengalaman kedua berlangsung di musim 1997/98 di Piala UEFA, yang sekarang berubah menjadi Liga Eropa. Uniknya mereka saat itu kembali disingkirkan oleh Atletico di putara pertama.

Adapun di Piala UEFA musim 2000/01 Leicester kalah dengan agregat 4-1 dari Red Star Belgrade.

Jika Leicester kembali menang atas tamunya West Ham United pekan depan, maka tim besutan Claudi Ranieri itu dipastikan, paling apes, akan berakhir di urutan tiga klasemen Liga Primer musim ini. Itu artinya, Leicester akan otomatis lolos ke putaran kualifikasi grup Liga Champions musim depan. (ESPN FC)