Kontra United Jadi Gengsi Terakhir Guardiola Musim Ini

Topbola.net Joseph Guardiola sudah dipastikan tak akan memberikan gelar apa-apa pada Manchester City pada musim ini. Kekalahan dari Arsenal difase semifinal Piala FA menjadi pemupus harapannya untuk mempersembahkan satu trofi juara bagi timnya.

Bisa dibilang ini merupakan musim paling buruk dalam karir kepelatihan manajer yang pernah sukses bersama FC Barcelona itu.

Yang lebih menyakitkan lagi saat dimana The Citizens justru kalah dari tim unggulan kedua seperti Everton dengan skor telak 4-0 pada musim ini. Ditambah musim ini juga kali pertama bagi Guardiola tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions.

Kini jelang laga menghadapi tim rival sekota, Manchester United bisa dibilang sebagai laga jaga gengsi terakhir bagi Pep untuk bisa kembali membuktikan diri jika ketenarannya belum hilang oleh masa.

City dan MU sudah berhadapan dua kali di musim ini. Yang pertama terjadi di Premier League , di mana City mempermalukan ‘Setan Merah’ setelah meraih kemenangan 2-1 di Old Trafford. Sedangkan di ajang Piala Liga Inggris, MU menang 1-0 atas City di tempat yang sama.

Upaya Guardiola meraih kembali kemenangan di Derby Manchester jelas tidak akan mudah. The Red Devils masih menjaga rekor tak terkalahkan pada ajang Premier League dalam 23 laga ke belakang. Kali terakhir mereka tunduk adalah saat menyerah 0-4 dari Chelsea di Stamford Bridge Oktober tahun lalu.

Namun begitu, Pep punya rekor yang lebih oke dalam rekor head to head dengan Mourinho. Dari 18 pertemuan dengan Mourinho, Pep meraih delapan kemenangan, enam kali imbang dan cuma empat kali kalah.

Ada beberapa hal yang harus diperbaiki Guardiola untuk bisa meraih kemenangan di derby kali ini. The Citizens punya masalah besar dalam pertahanan. Lini belakang yang buruk (dan kiper yang tidak impresif) kerap jadi ganjalan untuk Sergio Aguero dkk.

Derby Manchester kali ini bukan sekadar mencari siapa penguasa Kota Manchester. Dengan kedua tim berjarak cuma tiga poin di klasemen, siapapun yang kalah harus bersiap gagal dapat tiket Liga Champions musim depan. (Detik)