Advertisher1 Advertisher2 Advertisher3 Advertisher4

Keuangan Real Madrid dalam Kondisi Sehat

florentino perez

Topbola.net La Liga Spanyol, Real Madrid melalui musim yang sangat luar biasa disemua ajang kompetisi 2016-17. Tak hanya berhasil mempertahankan gelar Liga Champions untuk yang kedua kalinya secara beruntun, El Real juga sukses menyabet gelar La Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol pada musim lalu.

Dengan hasil prestasi mentereng yang didapat, Los Blancos pun sukses memraup banyak keuntungan yang berdampak pada kesehatan dari sisi finalsial (keuangan) tim.

Seperti dilansir media Marca, El Real mendapatkan total 674,6 juta euro, belum termasuk pendapatan dari penjualan pemain pada bursa transfer musim panas 2017 lalu. Selain itu, pendapatan operasional mereka mencapai 137,8 juta euro dan 21,4 juta euro setelah dipotong pajak.

Sementara dari sisi hutang yang dimiliki, Madrid terbilang masih cukup rendah karena hanya memiliki hutang bersih senilai 10 juta euro. Sementara hutang kotor mereka berada di kisaran 187 juta euro, dengan 83 juta euro merupakan hutang kepada bank. Hal ini membuat Real Madrid memiliki nilai bersih sebesar 463,5 juta euro.

Dari 674 juta euro yang mereka dapat, nilai ini terdistribusi dari 166 juta euro dari para anggota di sekitar stadion, 85 juta euro dari kompetisi dan laga persahabatan, 165 juta euro untuk hak audio-visual, dan 254 juta euro dari bidang pemasaran.

Pendapatan mereka dari hadiah kompetisi juga jadi yang terbesar dengan rincian 86 juta euro di ajang Champions League, 51 juta euro di ajang La Liga, lima juta euro di ajang Supercopa de Espana, 4,9 juta euro di ajang FIFA Club World Cup dan empat juta euro di ajang UEFA Super Cup.