Jorge Lorenzo Turut Beri Kritikan Terhadap Komisi Disiplin MotoGP

Jorge Lorenzo

Topbola.net – Insiden yang melibatkan Marc Marquez dan Valentino Rossi pada balapan seri kedua MotoGP di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina mendapat kritikan dari beberapa pihak termasuk Jorge Lorenzo.

Marquez menyenggol motor Rossi sehingga pembalap Movistar Yamaha itu terjatuh dan kehilangan banyak waktu di perlombaan tersebut.

Mengenai insiden tersebut, sejauh ini belum ada aturan tegas yang dikeluarkan oleh Race Direction selaku badan komisi disiplin balap di pentas MotoGP

“Saya berharap ada tindakan besar atas terjadinya situasi yang besar. Menurut saya hal seperti ini tidak perlu terjadi. Namun kadang hidup berjalan diluar keinginan Anda,” ucap Lorenzo yang dikutip dari Crash.

“Pendapat saya tetap sama. Ini olahraga yang sangat beresiko. Sebisa mungkin Anda tak boleh membahayakan kontestan lainnya. Race Direction harus memberikan hukuman kuat atas tindakan ini. Itulah satu-satunya cara untuk menghentikan aksi liar sejumlah pembalap. Saya pernah mengalami ini ketika tampil sangat agresif di kelas 250 cc. Setelah itu saya langsung mengubah strategi dan cara pandang dalam balapan,” tambahnya.

Hukuman tegas memang diperlukan untuk ‘mengerem’ agresivitas para pembalap ketika berpacu di atas lintasan. Dengan cara tersebut, Lorenzo yakin tak ada lagi kasus semacam Rossi vs Marquez.

“Semuanya bukan salah pembalap. Race Direction juga punya kekurangan karena jika mereka bisa memberikan hukuman yang lebih berat, maka insiden semacam ini tak akan terjadi lagi,” ucapnya.

“Kadang Race Direction juga melakukan kesalahan. Ini lumrah terjadi seperti halnya wasit dalam pertandingan sepak bola. Tapi tidak seharusnya juga mereka melakukan kesalahan. Belajar dari kejadian di Argentina, saya pikir mereka harus memperbaiki kinerjanya satu tingkat lebih baik.”


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 16 =