Jokowi Beri Waktu Dua Hari untuk Menpora Cabut Pembekuan PSSI

Topbola.net – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memberi waktu dua hari kepada Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi untuk segera memproses pencabutan sanksi pembekuan organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Besok (Kamis, 25 Februari), kami akan mengumumkan secara resmi. Kami diberi waktu 1-2 hari. Kalau tidak besok, mungkin Jumat (26 Februari) akan kami sampaikan seperti apa,” kata Menpora usai menghadap Presiden Jokowi di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/2).

Menpora didampingi Ketua Komite Ad-Hoc Reformasi PSSI Agum Gumelar, menghadap Presiden Jokowi untuk melaporkan hasil pertemuan dengan jajaran pimpinan AFC, FIFA, dan OCA di Malaysia, pekan lalu.

Dia mengatakan, Presiden Jokowi secara khusus menekankan tentang pentingnya menyamakan visi dan misi pemerintah dalam penyelesaian kasus PSSI. Selain itu, KLB diselenggarakan sesuai Statuta FIFA.

“Karena kalau toh dicabut harus ada prasyarat. Prasyarat reformasi itu harus ditegakkan dan Presiden betul-betul menekankan hal ini. Kalua toh ada KLB seperti apa bentuknya. Harus sama visi dan misi dengan pemerintah. Itu sesungguhnya yang diharapkan Presiden,” jelas dia.

Dia mengatakan, pada penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pemerintah wajib dilibatkan sehingga tata kelola sepakbola nasional dapat dijalankan dengan baik.

“Pemerintah tidak sekali pun menghindar dari aturan atau Statuta FIFA. Coba kalau teman-teman tahu yang ditegakkan badan olahraga profesional itu betul-betul bagaimana Statuta FIFA dihormati dan dilaksanakan secara konsekuen oleh federasi. Coba kita bedah nanti di situ, tentang transparansi pajak, gaji pemain, dan standar lainnya. Saya kira, itu adalah keinginan FIFA yang harus diikuti federasi maupun klub,” jelas Menpora. (Berita Satu)