Jerman Berhasil Adopsi Strategi Conte untuk Kalahkan Italia

Strategi Jerman vs Italia

Topbola.net – Jerman berhasil memastikan diri sebagai tim ketiga yang lolos kebebak semifinal UEFA Euro 2016 setalah mengalahkan Italia lewat Adu penalti. Namun ada sedikit hal unik yang dilakukan oleh Joachim Loew selaku pelatih Jerman dalam memasang strategi pemainnya kali ini.

Dari sumber yang didapat Jerman memakai strategi yang persis dipakai oleh Italia pada pertandingan tersebut.

Dikutip dari warta detik.com, sebuah perubahan susunan pemain dilakukan oleh Joachim Loew untuk menandingi agresivitas Italia. Formasi 4-2-3-1 ditanggalkan untuk memainkan formasi dasar 3-5-2. Hal ini yang membuat Italia cukup kerepotan.

Menempatkan tiga pemain bertahan untuk meredam Graziano Pelle cs.

Loew tampaknya memang telah menyiapkan anti-strategi untuk menghadapi Italia yang mengandalkan skema tiga bek. Jerman pada laga ini memasang formasi dasar 3-5-2, di mana Julian Draxler yang sebelumnya menjadi andalan dalam formasi 4-2-3-1, digantikan Benedikt Hoewedes yang berposisi sebagai bek tengah.

Maka yang terjadi di lapangan adalah duel dua kesebelasan yang memainkan skema tiga bek. Tak mengherankan jika pada akhirnya para pemain kedua kesebelasan menumpuk di tengah, di mana ini artinya terdapat setidaknya tiga gelandang tengah Jerman akan menghadapi tiga gelandang tengah Italia.

Skema seperti ini sebenarnya membatasi kreativitas lini tengah Jerman. Mereka cukup kesulitan mengalirkan umpan-umpan pendek di area tengah. Jerman pun lebih memilih untuk mengandalkan lebar lapangan untuk menembus pertahanan Italia. (SportDetik)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + twelve =