Jelang Polandia vs Portugal, Ini Fakta dan Komentar kedua Pelatih

Topbola.net Polandia vs Portugal, dua tim yang dijadwalkan akan bertemu diababk 8 besar UEFA Euro 2016 Jumat 1 Juli 2016 dini hari nanti.

Baca juga: Prediksi Skor Polandia vs Portugal 1 Juli 2016, Bola EURO

Berbicara soal peluang kedua tim pada laga ini sendiri banyak yang menilai jika tak ada satu dari dua tim yang bakal bentrok di Stade Velodrome, Marseille ini yang bisa disebut sebagai tim favorit mengingat kedua tim sama-sama diisi oleh skuat yang cukup bagus diajang Euro edisi kali ini.

Namun apa tanggapan kedua pelatih dari masing-masing tim?

Berikut komentar mereka:

Adam Nawalka (Polandia): “Robert Lewandowski adalah salah satu striker terbaik di dunia. Dia telah ditempel begitu ketat selama turnamen ini. Wasit harus jeli memperhatikan pelanggaran brutal di mana pemain lain dengan cara apa pun akan menghentikan pemain tertentu (Lewandowksi).”

Fernando Santos (Portugal): “Tidak ada yang favorit, peluangnya sama kuat. Semua orang membicarakan Cristiano Ronaldo dan memang ada alasannya, dia adalah pemain yang menakjubkan.”

Fakta pertemuan Polandia vs Portugal:

– Ini akan menjadi pertemuan ketiga Polandia dan Portugal pada sebuah turnamen besar namun yang pertama pada Piala Eropa.

– Untuk sementara mereka berbagi kemenangan, 1-0 untuk Polandia pada Piala Dunia 1986 dan 4-0 untuk Portugal pada Piala Dunia 2002.

– Polandia tidak terkalahkan pada tiga pertemuan head-to-head terakhirnya dengan Portugal (1 menang, 2 seri).

– Enam gol terakhir Portugal melawan Polandia semuanya tercipta pada babak kedua.

– Polandia lolos ke perempatfinal Piala Eropa untuk pertama kali dalam sejarah mereka. Terakhir kali mereka mencapai semifinal turnamen besar terjadi pada Piala Dunia 1982.

– Portugal adalah satu-satunya tim yang mencapai perempatfinal Piala Eropa dalam setiap edisi sejak 1996 (6 kali berturut-turut). Mereka berpeluang mencapai semifinal kelima Piala Eropa dalam tujuh kali partisipasi dalam Euro.

– Polandia tidak pernah menciptakan lebih dari satu gol pada pertandingan-pertandingan Piala Eropa (10 pertandingan). Tidak ada satu pun dari 10 pertandingan itu yang menghasilkan lebih dari dua gol (mencetak gol, kemasukkan gol).

– Polandia adalah tim yang paling tidak produktif dibandingkan dengan tim-tim lain yang maju ke perempatfinal (3 gol dalam 4 pertandingan).

– Polandia tidak pernah kehilangan poin pada satu pertandingan Euro kali ini. Mereka hanya kemasukkan satu gol dari empat pertandingan yang dijalani.

– Kemenangan terakhir Polandia pada babak knockout turnamen besar tanpa tendangan penalti terjadi pada 1982 melawan Prancis (3-2, memperebutkan tempat ketiga).

– Portugal adalah tim yang paling banyak memainkan pertandingan dalam sejarah Piala Eropa tanpa pernah menjuarainya: 32 pertandingan, 0 trofi.

– Portugal tidak terkalahkan pada 11 pertandingan kompetitifnya di bawah pelatih Fernando Santos (menang 8, seri 3), semua dari delapan kemenangan ditentukan oleh satu gol (termasuk saat melawan Kroasia pada 16 Besar).

– Tiga kebobolan terakhir Portugal pada Euro semuanya mengikuti pola yang sama: semuanya dari set-piece dan dari luar kotak penalti.

– Portugal paling sedikit mendapat kartu pada Euro 2016 dibandingkan dengan tujuh tim lain yang lolos ke perempatfinal (hanya tiga kartu pada empat laga).

– Ini akan menjadi pertandingan ketiga Portugal di Stadion Velodrome, Marseille, dalam sebuah turnamen besar. Sebelumnya mereka dua kali tampil di sini pada Euro 1984 saat seri 1-1 melawan Spanyol pada fase grup dan kalah 2-3 lewat perpanjangan waktu melawan Spanyol pada semifinal.

– Satu-satunya kehadiran Polandia di Marseille sebelum ini ditandai dengan kemenangan 1-0 melawan Ukraina pada fase grup Euro 2016.

– Robert Lewandowski menciptakan gol pada menit 17 pada pertandingan pertamanya di Piala Eropa (melawan Yunani pada 2012). Sejak itu dia tidak lagi bisa menciptakan gol atau menghasilkan satu pun assist selama 643 menit berada di lapangan.

– Jakub Blaszczykowski terlibat langsung pada semua dari lima gol Polandia pada dua turnamen Euro terakhir (3 gol, 2 assist).

– Cristiano Ronaldo memainkan pertandingan yang lebih banyak dibandingkan dengan pemain Eropa mana pun selama putaran final Piala Eropa (18). Dia kini tinggal satu gol di bawah rekor sembilan gol Michel Platini pada turnamen ini.

– Ronaldo hanya menciptakan dua gol pada 12 pertandingan knockout turnamen besar (semifinal Euro 2004; perempatfinal Euro 2012).
– Ronaldo melepaskan 40 tendangan bebas langsung pada turnamen besar dengan Portugal tetapi tidak satu pun menjadi gol.

– Ricardo Quaresma sejauh ini menjadi pemain pengganti paling subur pada Euro 2016 dengan satu assist (melawan Hungaria) dan satu gol (melawan Kroasia).

(Antara)