Jelang Belgia vs Italia, Buffon Puji Kemampuan Courtois

Topbola.net – Jelang laga big match dibabak penyisihan Grup EURO 2016 antara Belgia vs Italia yang akan berlangsung Selasa (14/6) dini hari nanti. Pada laga tersebut akan ada penampilan dua penjaga gawang beda generasi yang memiliki peran vital bagi masing-masing tim. Mereka adalah Gianluigi Buffon untuk timnas Italia dan Thibaut Courtois yang berada dibawah mistar Belgia.

Dalam catatan sejarah keikutsertaan Buffon telah tampil dalam empat edisi (2004, 2008, 2012 dan 2016). Kendati secara pengalaman membela negara Buffon jauh lebih banyak, namun ia tetap memberikan pujian bagi timnas Belgia, Courtois yang akan menjadi lawannya nanti.

“Sangat tidak baik ketika membandingkan usia saya saat 24 tahun. Sebab itu sudah lama terjadi dan saya bahkan tidak mengingatnya. Sekarang saya sudah 38 tahun, saya bahagia seperti ketika saya berumur 24 tahun,” kata Buffon dikutip dari Football-Italia, Senin, 13 Juni 2016.

Menurut Buffon, mantan penjaga gawang Atletico Madrid ini memiliki bakat yang luar biasa untuk seorang kiper. Buffon menjelaskan, perjalanan Courtois sebagai seorang kiper masih cukup panjang.

“Ini adalah saat dimana Courtois bisa membuktikan sebagai penjaga gawang yang memiliki talenta luar biasa. Ini adalah kejuaraan terakhir saya di Piala Eropa, dan saya memiliki antusiasme yang tinggi. Di usia seperti saya masih dipercaya memakai jersey timnas adalah sebuah kebanggan,” ucapanya.