Jakmania Serukan Aksi Damai Jelang Final Piala Bhayangkara

Topbola.net – Kedewasaan supporter klub di Indonesia sepertinya telah mulai muncul, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Jakmania jelang digelarnya final Piala Bhayangkara pada Minggu, 3 April 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) antara Arema Cronus vs Persib Bandung besok.

Pada kesempatan ini Jakmania yang merupakan supporter Pesija Jakarta selaku tuan rumah menyerukan aksi damai dengan supporter Persib Bandung (Bobotoh) yang sebelumnya sering terjadi perselisihan antara keduanya.

Para perwakilan suporter yang terlibat dalam final Piala Bhayangkara menandatangani deklarasi damai di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (2/4) dimana diantaranya ada Viking Persib Club, Aremania, Sriwijaya FC, Bali United FC, serta The Jakmania yang diwakili ketua umum mereka, Richard Achmad Supriyanto.

Deklarasi ini dilakukan karena mainnya Persib di partai final Bhayangkara apalagi suporter klub tersebut dikenal tak memiliki hubungan harmonis dengan Jakmania. Hal itu pun dikhawatirkan akan membuat tensi ibukota negara Republik Indonesia kembali memanas.

Tak hanya itu demi mengantisipasi ketegangan, Pengurus Pusat TheJakmania pada malam ini menyiarkan lewat akun resmi Twitter Infokom Jakmania. Tujuh poin disuarakan agar suporter Jakmania bisa menjaga ketertiban laga final nanti.

“Pernyataan tadi adalah pernyataan resmi dari organisasi dan bersifat peraturan yang harus dipatuhi, demikian pernyataan ini. #Sajete,” demikian cuitan terakhir dari siaran sikap lewat akun Twitter The Jakmania tersebut.

Adapun tujuh poin itu adalah sebagai berikut:

1. PP The Jakmania melarang keras seluruh anggota/simpatisan Organisasi The Jakmania untuk datang di SUGBK pada final Piala Bhayangkara

2. PP menginstruksikan pada seluruh anggota agar tidak melakukan postingan yang bersifat provokasi, rasis, sara serta hal-hal negatif lain

3. PP menghimbau anggota The Jakmania yang masih status sebagai pelajar untuk konsentrasi pada persiapan ujian nasional

4. Apabila ditemukan pelanggaran terhadap pernyataan organisasi, akan menjadi tanggung jawab sendiri dan tidak mengatasnamakan The Jakmania

5. Tunjukan pada masyarakat sepak bola dan umum bahwa The Jakmania adalah tuan rumah yang baik, dewasa serta sportif

6. Seluruh anggota dan jajaran pengurus diharapkan focus pada Trofeo Persija, serta juga focus pada Persija Jakarta dalam menghadapi ISC

7. Demi kelancaran Persija dalam waktu mendatang, maka kita wajib untuk membuat segala sesuatunya menjadi aman, nyaman dan tentram.