Investor Asal Cina Beli Sebagian Saham Manchester City

Topbola.net – Investor asal Negeri Tiarai Bambu, China Media Capital (CMC) dan CITIC Capital telah membeli 13 persen saham perusahaan induk dari klub sepak bola Manchester City senilai 400 juta dolar.

“Kami dan mitra konsorsium kami CITIC Capital melihat investasi ini sebagai sebuah peluang utama untuk melanjutkan kontribusi Tiongkok dalam keluarga sepak bola dunia,” kata Pemimpin CMC Ruigang Li, Selasa.

Induk perusahaan Manchester City yaitu City Football Group (CFG) mendukung langkah investasi itu sebagai bagian dari strategi untuk masuk ke dalam sepak bola Tiongkok. Kesepatakan itu masih menunggu persetujuan dari regulator.

Investasi itu dilakukan satu bulan sejak kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jingping ke Manchester City dalam kunjungan kenegaraan ke Inggris.

Sebelum pengumuman investasi itu, perusahaan Abu Dhabi United Group sebagai perusahaan milik keluarga Kerajaan Abu Dhabi menjadi satu-satunya pemilik saham CFG.

Selain mempunyai Manchester City yang telah memenangi Liga Premier Inggris pada musim terakhir, CFG juga menjadi pemilik klub sepak bola New York City dan klub sepak bola Melbourne City dan menjadi pemilik saham minoritas pada klub Jepang Yokohama F. Marinos.

“Sepak bola adalah olahraga yang paling banyak dicintai, dimainkan, dan diikuti di dunia dan di Tiongkok, jalan pertumbuhan eksponensial untuk permainan ini adalah unik dan sangat menarik,” kata Pemimpin CFG Khaldoon Al Mubarak.

“Kami, untuk itu, telah bekerja keras untuk mencari mitra yang tepat dan untuk membentuk struktur kesepakatan yang sesuai untuk meningkatkan potensi luar biasa yang ada di Tiongkok baik bagi CFG maupun olahraga sepak bola secara umum,” kata Khaldoon. (Antara/AFP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two − 1 =