Advertisher1 Advertisher2 Advertisher3 Advertisher4

Indra Sjafri Enggan Pakai Pemain Naturalisasi

Indra Sjafri

Topbola.net Timnas Indoensia, Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri menyebut sangat banyak sekali pemain asli dalam negeri yang sangat berbakat untuk bisa masuk skuat Timnas, oleh karenanya ia pun menyatakan jika enggan bahkan tidak akan pernah untuk memakai jasa pemain naturalisasi.

Upaya menjadikan pemain keturunan untuk bisa membela timnas dengan proses naturalisasi memang bukan hal baru di Indonesia, Khusunya untuk timnas Indonesia senior sendiri sudah banyak yang memasukan para pemain yang amsih memiliki darah keturunan atau pemain yang telah lama menetap di Indonesia.

Namun demikian, Indra Sjafri menilai jika seharusnya sebagai bibit muda harapan seperti skuat timnas junior seperti yang ia tangani saat ini, ia lebih mengedepankan pemilihan pemain berbakat dari dalam negeri.

“Saya gak tahu karena itu masalah kebijakan coba tanyakan ke federasi, tetapi kalau saya pegang di usia muda, saya tidak akan pernah terima orang naturalisasi. Catat itu,” kata Indra, Jumat (6/10/2017).

“Kalau saya pegang level di U-19 atau U-16 tidak akan pernah ada pemain naturalisasi,” ucap mantan pelatih Bali United tersebut.

Nama terakhir pemain yang dinaturalisasi itu adalah Ezra Walian. Pemain berdarah Manado, Sulawesi Utara, itu dinaturalisasi untuk bergabung dengan timnas U-22 Indonesia jelang SEA Games 2017 beberapa waktu lalu.

Saat ini gencar dibicarakan yakni Sandy Walsh yang memiliki darah Indonesia dari ibunya. Pemain berusia 22 tahun itu membela klub Belgia, SV Zulte Waregem. Dia juga pernah membela timnas U-20 Belanda.