Hodgson Jamin Posisi Rooney di Piala Eropa 2016

Topbola.net – Kembali merumputya Wayne Rooney bersama Manchester United usai pulih dari cedera membuat pelatih timnas Inggris Roy Hodgson menjamin posisi sang kapten di Piala Eropa 2016 tetap aman.

Sebelumnya memang sempat berembus rumor, jika ada wacana pencoretan nama Rooney dari skuat tim Tiga Singa. Namun melihat akan pentingnya perang eks penyerang Everton itu, Hodgson pun menyebut jika tak ada alasan baginya untuk mencoret nama sang pemain.

“Saya tidak punya alasan mengapa posisinya di timnas dipertanyakan,” ungkap Hodgson.

Sebenarnya tanpa Rooney, Inggris tidak perlu cemas lantaran saat ini sudah memiliki dua bomber maut di lini depan dalam diri Jamie Vardy dan Harry Kane.

“Tentu saja, kompetisi internal semakin ketat. Saya juga memahami adanya anggapan soal apakah dia layak bermain (starterI atau tidak. Itu adalah satu persoalan. Tetapi saya tidak memahami mengapa ada yang menyarankan bahwa dia harus dicoret. Dia sudah melakukan tugasnya sebagai kapten dengan sangat baik dalam dua tahun terakhir,” jelas Hodgson.

Pengalaman dan kematangan Rooney dinilai Hodgson menjadi kelebihan dibanding pemain lain di lini depan. Atas alasan itulah Hodgson sepertinya tidak berani mencoret Rooney.

“Saya pikir, dia mendapat satu tempat dari 23 nama yang akan saya panggil nanti. Dia punya satu keuntungan besar ketimbang pemain lain, yakni rekor caps dan golnya (109 caps dan 51 gol). Selebihnya, dia selalu bekerja keras, baik itu sebagai pemain maupun sebagai seorang kapten,” imbuhnya.

Sebelumnya mantan pelatih Inggris Fabio Capello juga menilai terlalu riskan buat Inggris mencoret Rooney. “Dia masih merupakan pemain penting. Dia mampu membaca permainan dengan baik dan memberikan contoh bagi pemain lain. Itulah peran penting yang diembannya di timnas,” kata Capello.

Soal persaingan lini depan Inggris yang ketat, Capello menilai tidak ada salahnya mengubah posisi bermain Rooney di tim.

“Nantinya, dia tidak akan bermain sebagai penyerang tengah, namun lebih kepada second striker atau playmaker di belakang striker. Pergerakannya di area itu sungguh sangat penting.” (Goal)