Hasil Skor, Kuasai Pertandingan Belanda Hanya Menang Tipis 2-1

Topbola.net Hasil skor akhir kualifikasi Euro 2016, Kemenangan sukses didapat timnas Belanda kala melakoni laga tandang ke markas Kazakhstan, Minggu (11/10/2015) dini hari WIB. Meski mampu menguasai jalannya pertandingan namun De Orange hanya mampu mencetak kemenangan tipis dengan skor 2-1.

Pada jalannya laga yang digelar di Astana Arena tersebut, Sejumlah peluang mampu diciptakan oleh tim tamu pada babak pertama. Namun, hanya satu gol yang berhasil mereka ciptakan di paruh pertama tersebut. Belanda memang wajib menang sehingga mereka langsung tancap gas sejak awal.

Menurut data yang telah dikeluarkan oleh ESPNFC, setidaknya ada 11 attempts yang telah diciptakan Belanda sepanjang pertandingan dengan 7 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Kazakhstan hanya punya 6 attempts dengan 3 di antaranya tepat sasaran.

Kolaborasi apik antara Memphis Depay dan Anwar El Ghazi sebagai winger, membuat Belanda setidaknya punya dua peluang bagus di babak pertama. Salah satunya lewat Memphis.

Bomber Manchester United itu menerima umpan terobosan dari Daley Blind dan menusuk dari sisi kiri. Ia kemudian masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan mendatar. Sial baginya, tendangannya masih mengenai badan kiper Kazakhstan, Stas Pokatilov, sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Belanda akhirnya unggul 1-0 ketika pertandingan memasuki menit ke-33. Berawal dari sebuah serangan rapi, El Ghazi memberikan bola kepada Georginio Wijnaldum yang menusuk dari tengah. Lewat sepakan dari luar kotak penalti, Wijnaldum pun membobol gawang Kazakhstan.

Skor 1-0 tersebut bertahan sampai babak pertama selesai. Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-50, Belanda menggandakan keunggulan lewat gol Wesley Sneijder. Ini adalah gol pertama Sneijder di level internasional sejak terakhir kali mencetak gol pada laga friendly melawan Meksiko, November 2014.

Gol tersebut tercipta berkat umpan terobosan Klaas-Jan Huntelaar. Sneijder yang berada di sisi sebelah kanan pertahanan Kazakhstan langsung melepaskan sepakan keras ke arah gawang. 2-0.

Setelah gol tersebut, pertandingan berjalan lebih terbuka. Kazakhstan pun beberapa kali mendapatkan peluang. Namun, Belanda masih bisa mempertahankan keunggulan.

Timur Dosmagambetov sempat mendapatkan kans pada menit ke-68. Namun, tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Belanda.

Baru pada menit ke-90, Kazakhstan bisa mencetak gol. Umpan silang dari kiri disambut dengan sundulan oleh Sergey Khizhnichenko di dalam kotak penalti Belanda. Sundulan itu kemudian dilanjutkan dengan sepakan jarak dekat oleh Islambek Kuat. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Sampai peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 itu tetap bertahan. Belanda pun meraup tiga poin. Mereka kini duduk di posisi ketiga Grup A kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan koleksi nilai 13, unggul satu poin atas Turki yang berada di posisi keempat.

Kendati menang pada laga ini, Namun Belanda masih harus berupaya untuk bisa masuk laga play Off kontra Turki, yang baru akan bertanding dinihari ini menghadapi tuan rumah Republik Ceko.

Susunan Pemain:

Kazakhstan: Pokatilov, Malyi, Engel, Suyumbayev, Logvinenko, Kuat, Konysbayev, Smakov, Islamkhan (Geteriev 16), Dosmagambetov (Nurgaliev 81), Shchetkin (Khiznichenko 63).

Belanda: Krul (Zoet 83), Tete, Bruma, Van Dijk, Riedewald, Blind, Wijnaldum, Sneijder (Afellay 80), Memphis, El Ghazi, Huntelaar (Van Persie 87).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 7 =