Gianni Infantino Jadi Presiden Baru FIFA

Topbola.net – Badan Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA akhirnya sukses melaksanankan kongres luar biasa (KLB) guna memilih presiden baru yang menggantikan Sepp Blatter. Pada pemilihan kali ini Gianni Infantino menjadi orang nomor satu baru yang dipilih secara langsung di marka FIFA di Zurich, Swiss pada Jumat 26 Maret 2016.

Infantino terpilih sebagai Presiden baru FIFA untuk periode 2015–2019 usai menyingkirkan pesaing terkuatnya Salman Bin Ibrahim al-Khalifa yang menjabat sebagai Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Tidak mudah bagi Infantino untuk memenangi pertarungan memperebutkan kursi Presiden FIFA. Pria asal Swiss yang sebelumnya menjabat Sekjen UEFA ini harus melewati dua kali proses pemungutan suara alias voting.

Pada pemungutan suara putaran pertama, empat kandidat yang bersaing mendapat dukungan suara dari 207 anggota FIFA -minus Indonesia dan Kuwait yang tengah di sanksi- mendapatkan suara yang cukup ketat.

Sebanyak 88 suara memilih Infantino, 85 untuk Salman Bin Ibrahim, 27 suara untuk Prince Ali, dan 7 vote untuk Jerome Champagne.

Sesuai regulasi, dikarenakan tidak ada satu calon yang mendapatkan 2/3 persen suara mayoritas, maka voting dilanjut ke putaran dua. Pada tahap ini, seorang calon tidak harus mendapatkan dukungan 2/3 suara, melainkan hanya butuh mendapatkan lebih dari 50% suara (50+1). Ini berarti, sorang kandidat sudah dipastikan keluar sebagai pemenang apabila mendapatkan minimal 104 suara (total suara 207).

Dan hasilnya, Infantino mendapatkan 115 dukungan suara, mengungguli Sheikh Salman Bin Ibrahim yang mendapatkan 88 suara. Prince Ali harus puas berada di urutan tiga lantaran hanya didukung 4 suara. Adapun Champagne tidak mendapatkan dukungan sama sekali.

Dengan demikian, maka, Infantino resmi didapuk sebagai presiden baru FIFA untuk menggantikan posisi Sepp Blatter yang tersandung kasus korupsi dan disanksi larangan aktif di dunia sepak bola selama enam tahun.

“Teman-teman, saya tidak bisa mengekspresikan perasaan saya saat ini. Saya katakan kepada Anda bahwa saya sudah melewati sebuah perjalanan, sebuah perjalanan yang luar biasa. Perjalanan yang membuat saya bertemu dengan banyak orang-orang hebat, orang-orang yang mencintai, hidup, dan bernafas dengan sepak bola setiap harinya,” ujar Infantino saat memberikan pidato pertamanya.

Ke depannya, Infantino belum bisa berbicara panjang lebar soal visi dan misi yang akan dijalankannya. Akan tetapi, satu hal utama yang ingin dilakukannya adalah mengembalika citra baik FIFA di mata publik.

“Kami akan mengembalikan citra dan kehormatan FIFA. Orang-orang akan memberikan apresiasi kepada kita, mengapresiasi apa yang kami akan lakukan,” lanjutnya.

“Saya ingin menjadi presiden dari 209 (anggota FIFA). Saya ingin berkerja sama dengan kalian semua untuk membangun kembali FIFA yang baru di mana kita bisa menempatkan sepak bola sebagai menu utamanya,” tandasnya. (Goal)