Gagal Lolos Liga Champions, Roberto Mancini Resmi Mundur Jadi Pelatih Zenit St Petersburg

Roberto Mancini

Topbola.net – Roberto Mancini resmi sepakat untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala Zenit St Petersburg dengan kemungkinan selanjutnya adalah menjadi pelatih bagi timnas negeranya Italia.

Mancini disebut telah bertemu dengan para petinggi Federasi Sepakbola Italia (FIGC) yang disinyalir untuk membicarakan kemungkinan dirinya menjadi pelatih baru skuat Gli Azzurri.

Sedangkan pihak tim asal Rusia juga telah mengeluarkan pernyataan terkait kesepakatan mengakhiri kontrak dengan mantan pelatih Inter Milan tersebut.

“Zenit dan Roberto Mancini setuju untuk mengakhiri kontrak manajer secara dini. Kontrak akan diakhiri dengan kesepakatan bersama tanpa ada kompensasi yang dibayarkan,” konfirmasi pihak Zenit seperti dilansir ESPN.

“Klub berharap Roberto Mancini semua yang terbaik dengan usaha masa depannya dan berterima kasih atas waktunya di St Petersburg.”

Pertandingan ke-45 dan terakhir Mancini yang bertanggung jawab atas Zenit, yang kelima menuju ke babak final musim Liga Primer Rusia, akan menjadi pertandingan kandang hari Minggu dengan SKA Khabarovsk.

Pelatih berusia 53 tahun itu akan secara resmi berakhir pada hari Senin, setelah gagal memimpin mereka ke Liga Champions.

Italia sendiri memang sedang mencari pengganti Giampiero Ventura, yang dipecat pada November setelah Azzurri gagal mencapai Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 60 tahun.

Serta Mancini, Carlo Ancelotti, Claudio Ranieri dan Chelsea Antonio Conte telah dikaitkan dengan posisi, yang saat ini dipegang oleh pelatih sementara Luigi Di Biagio, pelatih tim U-21 Italia.

Mancini, yang memenangkan 36 caps untuk Italia sebagai pemain, memimpin City meraih gelar Premier League pada 2011/12 setelah tiga gelar Serie A menang bersama Inter.

Sejak meninggalkan Etihad pada tahun 2013 ia telah mengelola Galatasaray dan Inter lagi sebelum diangkat menjadi bos Zenit Juni lalu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 11 =