Gabung Klub Tiongkok, Hulk Jadi Pemain Termahal Asia

Topbola.net – Bergabungnya pemain asal Brasil Hulk dengan klub Tiongkok, Shanghai SIPG dengan mahar pembelian sebesar 55,8 juta euro atau setara Rp 830 miliar. Menjadikan eks penggawa Zenit St Petersburg itu sebagai pemain termahal di Asia saat ini.

Sebuah rekor baru dalam pembelian pemain termahal bagi klub asal Asia setelah sebelumnya ada nama Alex Teixeira yang diboyong klub Jiangsu Suning dengan harga 48 juta euro atau Rp 720 miliar pada Januari awal tahun kemarin.

Hulk yang tiba di Shanghai, Kamis (30/6) mendapatkan sambutan yang luar biasa dari fans Shanghai SIPG. Menurut laporan media lokal, sekitar 1000-an orang suporter klub itu menjemput Hulk tiba di bandara internasional Shanghai.

Penampilan Hulk sendiri terbilang cukup baik, dimana ia mampu mencetak 56 gol di semua ajang bagi Zenit St Petersburg musim lalu. Dia sempat bermain tiga tahun di klub Jepang sebelum pindah ke FC Porto pada 2008. Dia kemudian bergabung dengan Zenit pada 2012 dengan nilai transfer 32 juta poundsterling. Di Shanghai ini dia akan bergabung dengan mantan striker Sunderland, Asamoah Gyan

Shanghai SIPG saat ini diasuh oleh mantan pelatih timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson. Saat ini sudah ada lima pemain asing yang dikontrak Shanghai SIPG. Jadi, akan ada satu nama yang akan dicoret.

Kedatangan Hulk membuat semakin banyak para bintang-bintang pemain kelas dunia. Sebelumnya sudah ada nama-nama beken lain seperti Ramires, Alex Teixeira, Ezequiel Lavezzi, Jackson Martinez dan Gervinho.

Asosiasi Sepakbola China memang berencana akan menjadi negeri itu sebagai negara “super power sepakbola” pada tahun 2050. Saat ini China berada di peringkat 81 FIFA dan pernah sekali lolos ke Piala Dunia, yaitu Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang.