FIFA Beri Hukuman Blatter dan Platini Selama 8 Tahun

Topbola.net – Dua petinggi sepakbola dunia, Sepp Blatter dan juga Presiden UEFA Michel Platini dilarang untuk turut terlibat dalam kegiatan sepakbola selama delapan tahun kedepan. Keputusan itu sendiri disampaikan langsung oleh Komite Etik FIFA yang disampaikan hari ini oleh hakim asal Jerman Hans-Joachim Eckert.

Seperti dilansir CNNIndonesia, Blatter dan Platini dihukum karena bayaran senilai dua juta swiss franc (1,35 juta poundsterling) pada 2011. Blatter dan Platini sebelumnya telah diskors selama 90 hari oleh Komite Etik FIFA.

Platini diskors karena pemeriksaan atas bayaran yang diklaim dirinya sebagai piutang dari buah pekerjaan profesional untuk FIFA pada sembilan tahun sebelumnya. Sementara itu, Blatter diskors karena tengah menjadi subyek investigasi dari otoritas keamanan Swiss.

Seperti dilansir The Guardian kedua pria itu menolak dituding bersalah atas bayaran yang diterima Platini. Mereka juga tidak bisa menjelaskan alasan utang FIFA sembilan tahun silam dilunasi kepada Platini sebelum pemilu presiden FIFA pada 2011 silam.

Blatter dan Platini menyatakan sejumlah uang itu merupakan bayaran bagi pekerjaan Platini sebagai konsultan FIFA kurun waktu 1998 dan 2002. Baik Blatter maupun Platini yakin kontrak verbal adalah hal yang legal dalam hukum Swiss. (CNNIndonesia)