FIFA Akan Kembali Kunjungi Indonesia

Topbola.net – Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) bakal kembali mengirim delegasinya ke Indonesia untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di sepak bola negeri ini. Kabar kunjungan FIFA ke Indonesia disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI), Azwan Karim.

Dalam keterangannya di laman resmi PSSI, Azwan menyebut agenda kunjungan FIFA ke Indonesia sebagai respons atas surat yang dikirim Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Indonesia, Prof. Dr. Pratikno M.Soc.Sc.

Dalam kunjungan yang rencananya akan dilakukan akhir April nanti, FIFA ingin melakukan pertemuan dengan pemerintah, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir dan Ketua Komite Ad-Hoc Reformasi PSSI, Agum Gumelar.

“PSSI telah menerima surat dari FIFA yang menginformasikan pertemuan antara FIFA, PSSI dan Pak Erick. Di dalam surat tersebut FIFA juga menunjuk Pak Agum untuk menghadiri rapat tersebut. PSSI sependapat dengan hal tersebut karena selain pemahaman akan masalah yang sangat komprehensif, beliau juga merupakan Ketua Dewan Kehormatan dan Ketua Adhoc Reformasi PSSI,” ungkap Azwan Karim di laman resmi PSSI Senin (12/4/2016).

Agum Gumelar sendiri mengaku sudah mengetahui agenda kunjungan FIFA serta penunjukkan dirinya sebagai perwakilan PSSI dalam pertemuan nanti.

“Saya akan menegaskan apa yang sudah disampaikan FIFA sebelumnya melalui delegasinya saat datang ke Indonesia bahwa solusi untuk pencabutan suspensi FIFA hanya dapat dilakukan apabila pemerintah mencabut pembekuan terhadap PSSI. Karena hal itu merupakan hal yang sangat tabu di mata FIFA (intervensi). Mudah-mudahan ada solusi cepat,” lanjutnya.

“Karena ada deadline Kongres FIFA di Meksiko tanggal 12 Mei. Kalau sebelum rapat exco FIFA (sebelum kongres FIFA) belum ada solusi juga, permasalahan akan semakin rumit,” tandas mantan Ketua Umum PSSI periode 1999–2003 itu.

Pertemuan pada akhir April nanti diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan yang telah membuat Indonesia di sanksi FIFA. Sehingga, PSSI bisa aktif kembali dan Indonesia bisa kembali tampil di level internasional. (ACF)