Fakta Menarik Jelang Big Match Italia vs Spanyol

Topbola.net Italia vs Spanyol akan menjadi laga paling dinantikan pada babak 16 besar UEFA Euro 2016. Pasalnya kedua tim sama-sama menyandang sebagai favorit juara pada event sepak bola Eropa tahun ini.

Laga ini sendiri merupakan laga ulangan final EURO 2012 lalu, dimana kala itu Spanyol yang tengah memiliki kekuatan sepak bola terbaik didunia mampu menundukan Gli Azzuri dengan skor 4-0. Tentu akan ada adu gengsi bagi kedua tim untuk saling mengalahkan pada laga nanti.

Sementara untuk kesempatan ini banyak para pakar sepak bola menyebutkan jika ini merupakan moment bagi Italia untuk bisa membalas kekalahan mereka dari La Furia Roja empat tahun silam.

Bisa dilihat dari data pertemuan terkahir Italia vs Spanyol dilga uji coba pada Maret 2016 lalu, Italia nyaris mengalahkan Spanyol sebelum akhirnya bermain imbang 1-1. Pada laga tersebut, Lorenzo Insigne membuat Italia unggul. Spanyol kemudian menyamakan kedudukan lewat aksi Aritz Aduriz.

Namun selain itu juga ada fakta menarik jelang pertandingan big match Italia vs Spanyol malam ini.

–  Italia hanya sekali terperangkap offside dalam tiga pertandingan.

– Spanyol menjadi tim pengoleksi kartu kuning terminim pada babak penyisihan grup yakni satu buah kartu kuning.

– Spanyol dan Islandia merupakan satu-satunya negara yang menurunkan starting eleven sama dalam 3 pertandingan terakhir mereka.

– Laga ini menjadi pertemuan keenam yang dua diantaranya dalam sejarah Piala Eropa.

– Takluk dari Republik Irlandia pada fase grup adalah kekalahan keenam selama penampilan Italia di Piala Eropa.

– Persentase kekalahan Conte bersama timnas Italia. Kekalahan dari Irlandia merupakan yang pertama dideritanya dari 13 laga.

– Italia dan Rumania mengoleksi paling banyak kartu pada babak penyisihan. Masing-masing tim mengoleksi 10 kartu.

– Italia merupakan tim yang paling banyak menurunkan pemain di Piala Eropa 2016. Praktis, hanya kiper ketiga Italia yakni Faderico Marchetti yang belum bermain.

– Italia dan Spanyol telah 34 kali bertemu dengan catatan 10 kemenangan untuk masing-masing negara.

– Nikola Kalinic (Kroasia) mengakhiri catatan 733 menit tanpa kebobolan milik Spanyol di Piala Eropa.