EURO, Turnamen Internasional yang Tak Ada Perebutan Juara Ketiga

Sejarah Euro

Topbola.net – Euro menjadi satu-satunya turnamen Internasional yang tak lagi memberlakukan perebutan juara ketiga. Seperti yang terjadi di Euro 2016 ini, bagi tim yang gagal di semifinal seperti Wales dan Jerman keduanya dipastikan tak akan lagi melakoni laga demi memperebutkan posisi ketiga di Piala Eropa 2016 ini.

Ini tentu berbeda dengan turnemen Internasional lainnya seperti Piala Dunia, Copa Aerica, Piala Afrika dan Juga Piala Asia yang masih mengenal sistem pengadaan pertandingan untuk menentukan siapa yang berhak untuk menempati posisi setelah runner up.

Lantas apa Euro sama sekali tak pernah memberlakukan pertandingan tersebut? jika dilihat dari sejarah pelaksanaan Euro sendiri sejatinya untuk pertandingan perebutan juara ketiga sempat ada meski saat ini sudah tak berlaku lagi.

Seperti dikutip dari warta Sidomi.com,  melihat pada gelaran Piala Eropa (Euro) 1980, di sana tercantum Cekoslovakia (sekarang menjadi Republik Ceko dan Slovakia) sebagai juara ketiga. Kala itu mereka mengalahkan Italia dengan drama adu penalti 9-8. Namun itu menjadi momen ketika Euro terakhir kali mengenal laga perebutan tempat ketiga.

Sedangkan untuk peserta tim di ajang Euro dari edisi pertama hingga saat ini sudah mengalami penambahan jumlah peserta yangcukup besar dimana diantaranya sebeagai berikut:

  • 1960-1976: Format 4 tim
  • 1980-1992: Format 8 tim
  • 1996-2012 : Format 16 tim
  • Sejak 2016 : 24 tim di putaran final

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 17 =