Essien dan Cole Dipastikan Absen Bela Persib Lawan PS TNI

Essien and Cole

Topbola.net – Persib Bandung dipastikan tak akan diperkuat dua bintangnya, Michael Essien dan Carlton Cole saat menghadapi PS TNI pada laga pekan kedua ajang kompetisi Liga 1 Indonesia di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (22/4/2017) mendatang.

Kepastian itu sendiri dikarenakan kedua pemain baru tim Maung Bandung tersebut belum mengantongi KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) yang menjadi syarat wajib bagi pemain legiun asing.

Dikutip dari Detiksport.com, Kepala Kantor Imigrasi Klas I Bandung Maulia Purnamawati mengatakan PT PBB belum mengajukan pengurusan KITAS ke Kantor Imigrasi Klas I Bandung. Sehingga, Essien dan Cole tidak boleh bermain selagi KITAS belum terbit.

“Kami sudah minta Persib untuk mengurus KITAS dulu, kalau belum selesai tidak boleh (Essien dan Cole) bermain (Liga 1),” kata Maulia dalam konferensi pers di Kantor Imigrasi Klas I Bandung, Jalan Surapati, Selasa (18/4/2017).

Maulia menjelaskan sebelum mengurus KITAS, PT PBB harus terlebih dahulu mengajukan penerbitan Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA) dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Setelah IMTA terbit, baru bisa mengurus KITAS.

Lebih lanjut dia mengatakan sejauh ini kedua legiun asing itu baru mengantongi izin kunjungan yang berlaku selama 60 hari dari massa kedatangan ke Indonesia. Sehingga, perlu memiliki KITAS untuk bekerja sebagai pesepakbola profesional.

“Katanya mereka sudah mengajukan untuk pengurusan IMTA, tapi sampai hari ini belum terbit juga,” ucap dia.

Dia menuturkan berdasarkan Peraturan Menkumham No. 43 Tahun 2015 tentang prosedur teknis alih status izin tinggal kunjungan menjadi izin tinggal sementara (KITAS) membutuhkan waktu pengurusan selama 11 hari kerja.

“Berdasarkan peraturan penerbitan KITAS butuh waktu 11 hari kerja. Namun dengan catatan sudah ada IMTA dari Kemenaker,” ungkapnya.

Maulia mengatakan seharusnya kedua pemain yang pernah merumput di Premier League itu tidak boleh bermain di laga perdana Liga 1 pada 15 April lalu. Namun, Persib Bandung beralasan Essien dan Cole bermain atas dasar rekomendasi PT Liga Indonesia Baru.

“Sebenarnya itu urusan Persib dengan PT Liga Indonesia Baru, kami hanya fokus mengurus KITAS. Yang jelas PT PBB harus mengurus KITAS dulu sebelum keduanya bermain lagi nanti,” kata dia.

“Kalau nanti memaksakan menurunkan Essien dan Cole, akan kami layangkan peringatan keras secara tertulis.” (Detik)