Dokter Tim Persija Juga Minta Wasit Liga 1 Tahu Ilmu Medis

Persija Jakarta

Topbola.net Liga 1 Indonesia, dalam upaya menyelamatkan para pemain yang tengah mengalami kecelakaan saat bertandingan dikompetisi Liga 1 Indonesia, dokter tim Persija Jakarta, Donny Kurniawan meminta agar tak hanya pemain saja yang belajar untuk tahu dalam ilmu medis tapi juga wasit yang sedang memimpin jalannya pertandingan.

Seperti dikutip Topbola.net dari Republika.co.id, Dony mengatakan wasit kerap meminta tim untuk membawa pemain keluar lapangan, atau tak membiarkan petugas medis segera masuk ke lapangan. “Padahal ada banyak cedera yang tak dapat disepelekan sehingga kita harus segera menangani di tempat (di tengah lapangan),” kata Donny kepada Republika lewat sambungan telepon Senin (23/10).

Salah satu kejadian yang masih membuat Donny kesal ketika striker Persija Bambang Pamungkas mengalami lebam di bagian mata saat melawan Persipura Jayapura di Stadion Patriot pada 8 Juli silam. Ketika itu, Bambang merasa kesakitan di kepala akibat berbenturan dengan pemain lawan. Wasit meminta tim medis cepat-cepat membawa BP keluar lapangan.

Menurut Donny saat itu BP harus ditangani di lapangan sesegera mungkin. Dokter yang merupakan spesialis kedokteran olahraga ini merasa kalau pemain menderita kesakitan di kepala maka tim dokter tak boleh menganggap sepele.

“Kepala jangan dianggap remeh. Saya enggak habis pikir waktu itu. Jadi, wasit menurut saya harus paham masalah injury. Kita kan mau melindungi pemain,” ujar Donny.

Selain wasit, pemain-pemain sepak bola Indonesia juga perlu dibekali ilmu medis. Karena memang pemain bisa jadi kunci untuk menyelamatkan rekannya sesama pesepak bola saat kondisi kritis sebelum tim dokter datang dari pinggir lapangan. (Republika)