advertise
advertise
advertise

Dani Alves Menjadi Salah Satu Buah Keberhasilan Transfer Juventus

Dani Alves

Topbola.net – Dinilai sudah tak akan memberikan kontribusi besar toh nyatanya Dani Alves mampu menjawab keraguan banyak pihak jika dirinya masih belum habis sebagai pemain yang berperan besar untuk tim. Hal tersebut mampu dibuktikannya saat turut menghantar keberhasilan Juventus diajang Liga Champions musim ini.

Tentu kedatangan pemain asal Brasil itu ke Turin pada musim panas lalu merupakan salah satu buah keberhasilan transfer yang dilakukan Juventus. Tak beda dengan apa yang telah ia lakuakn di klub lamanya, Barcelona, bersama Nyonya Tua pun Alves tercatat sebagai pemain bertahan yang kerap mengancam gawang lawan.

Keberhasilan Juve dalam mendatangkan Alves memang tak beda jauh saat raksasa Serie A itu mampu membujuk sang jendral lapangan tengah, Andrea Pirlo dari AC Milan pada musim 2011 silam. Namanya yang hampir saja tersisihkan di kubu I Rossonerri justru mampu menjadi pemain inti bagi Juventus.

Sementara untuk Alves sendiri kepindahannya ke Juventus Stadium musim ini disebut merasa kecewa dengan manajemen Barca, ia pun lantas memilih pergi dan berhasil dibujuk untuk berlabuh di Juventus Stadium. Bek kanan asal Brasil itu juga didatangkan dengan nol biaya.

Pirlo dan Alves adalah contoh kecil dari kelihaian strategi transfer Juventus. Dan orang yang berada di belakang itu adalah Giuseppe ‘Beppe’ Marotta. Marotta menjabat direktur sepakbola Juventus. Dia yang bertanggung jawab terhadap semua transfer ‘Si Nyonya Tua‘.

Ada Antonio Conte dan Allegri yang menjadi peracik taktik Juventus. Tapi kunci sukses terbesar mereka adalah Moratta dengan kelihaiannya bermain di bursa transfer. Bersama Moratta Juventus tahu kapan harus membelanjakan uang dalam jumlah besar (Gonzalo Higuain misalnya), dan tahu kapan harus menjalani negosiasi yang menguntungkan (Pirlo dan Alves contohnya).

Moratta datang ke Juventus pada tahun 2010. Di musim pertamanya saja dia sudah mendatangkan 14 nama baru, plus melepas 11 pemain.

Selanjutnya dia berhasil melakukan pembelian-pembelian brilian. Salah satunya tentu saja Paul Pogba. Mendatangkan pesepakbola muda asal Prancis itu dengan murah meriah, Juventus ‘memulangkannya’ ke Manchester United dengan sebuah rekor pemain termahal dunia. (Detik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 14 =