Daftar Tiga Tim dengan Skuat Termahal di Piala Eropa 2016

Topbola.net – Ada sebuah prestasi yang bisa disebut sedikit membanggakan bagi tiga tim Kuda Hitam di ajang Piala Eropa 2016 kali ini. Tiga tim yang dimaksud adalah Turki, Polandia, dan Kroasia dengan mencatatkan sebagai tim yang dihuni oleh skuat pemain termahal di EURO 2016.

Seperti yang dikutip dari Bola.com, Turki berada di posisi kesepuluh. Adapun, Polandia berada di peringkat kesembilan dan Kroasia berada di posisi ketujuh. Jika diakumulasi dari 23 pemain, Turki memiliki nilai skuat sebesar 144 juta poundsterling (Rp 2,7 triliun).

Gelandang Arda Turan dan Hakan Calhanoglu dinobatkan sebagai pemain termahal dalam skuat timnas Turki. Turan memiliki harga jual sebesar 24.500.000 poundsterling (Rp 463 miliar). Sementara itu, Calhanoglu memiliki harga jual sebesar 20 juta euro (Rp 301 miliar).

Sedangkan untuk Polandia memiliki nilai skuat sebesar 153 juta poundsterling (Rp 2,3 triliun). Robert Lewandowski menjadi pemain yang termahal dengan nilai jual 75 juta euro (Rp 1,12 triliun), disusul dengan Grzegorz Krychowiak dari Sevilla dengan nilai jual 30 juta euro (Rp 450 miliar).

Kroasia, yang menempati posisi ketujuh, memiliki total nilai skuat sebesar 227 juta euro (Rp 3,4 triliun). Hampir 70 persen para pemain Kroasia bermain untuk liga-liga ternama di dunia semisal La Liga Spanyol, Serie A, Bundesliga, dan Liga Rusia.

Pemain lapangan tengah yang saat ini tengah membela dua klub raksasa La Liga, Ivan Rakitic di Barcelona, dan Luka Modric di Real Madrid, menjadi yang paling mahal. Jika digabungkan, nilai keduanya mencapai angka 100 juta poundsterling (Rp 1,8 triliun).

Meski demikian, memiliki skuat bertabur bintang dan berharga mahal saja belum merupakan jaminan untuk meraih kesuksesan. Kita lihat saja bagaimana kiprah mereka pada ajang Piala Eropa 2016. (Bola.com)